17 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Nilai IDI dan Indeks KUB Kalsel Diharapkan Meningkat

1 min read

BANJARMASIN – Nillai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dan Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Kalsel diharapkan dapat meningkat. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kalsel yang membidangi hukum dan pemerintahan, Rachmah Norlias kepada wartawan, Senin (25/4).

Menurutnya hal ini sejalan dengan digodoknya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat oleh Pansus I DPRD Kalsel.

Suasana Kunjungan Komisi I DPRD Kalsel ke Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri

“Tentunya dalam penyusunan rancangan peraturan daerah Provinsi Kalsel tentang Toleransi Kehidupan Bermasyarakat, harus ada membahas tentang kearifan lokal yang tentu akan juga berdampak pada dengan Indeks Demokrasi Indonesia dan Indeks Kerukunan Umat Beragama,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan nilai indeks di atas, Rachmah mendorong pemerintah daerah agar lebih memperhatikan dan memikirkan poin-poin yang menjadi indikator pencapaian itu sendiri. Pansus juga berencana mendatangi Kementerian Agama RI untuk mempertajam serta memperdalam materi pembahasan Raperda tersebut agar produk hukum yang nanti disahkan benar-benar berdampak di masyarakat.

Untuk diketahui, Komisi I DPRD Kalsel didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel, Karmila melaksanakan kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI, Jumat (22/4). Rombongan Dewan Kalsel tersebut disambut oleh Kasubid Forum Umat Beragama, Hartono. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.