3 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Berhasil Temukan Balita Tenggelam di Sungai Kaladan, Kakansar Banjarmasin : Orang Tua Jangan Lengah

2 min read

TAPIN – Basarnas Banjarmasin bersama tim SAR gabungan lainnya berhasil menemukan Arsyad (2 tahun) yang diduga terpeleset dan tenggelam di dapur rumah korban yang merupakan Bantaran Sungai Kaladan Kecamatan Candi Laras utara Kabupaten Tapin, Sabtu (23/4).

Penemuan korban berawal dari adanya laporan terkait hal tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad langsung memerintahkan Tim Rescue Alpha menuju Lokasi kejadian setelah sebelumnya berkoordinasi dengan potensi SAR di lapangan.

“Kita kerahkan sore menjelang waktu berbuka puasa kemarin. Tim rescue dengan peralatan SAR air lengkap kemudian kita juga lakukan koordinasi bersama unsur SAR gabungan yang sudah ada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban,” tegas Al Amrad.

Al Amrad yang merupakan SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR juga mengungkapkan, pada Minggu (24/4) tim SAR gabungan juga telah melakukan pencarian dengan jarak kurang lebih 250 meter ke arah hilir Sungai Kaladan.

“Tim Rescue Kansar Banjarmasin sudah berangkat menggunakan 1 Unit Truck Personil dengan membawa 1 unit Motor Trail KLX, Rubber boat, motor tempel, 1 set Peralatan Alkom, 1 set peralatan medis, 1 buah Aqua Eye dan peralatan pendukung lainnya,” jelasnya.

Disampaikannya, korban akhirnya berhasil ditemukan pada Minggu (24/4) sekitar  jam 03.45 WITA dan sudah dalam kondisi meninggal dunia.

“Berkat sinergi SAR gabungan, korban kita temukan dini hari tadi. Sudah kita lakukan evakuasi menuju rumah duka untuk  diserahkan kepada pihak keluarga,” ucapnya.

Dengan kejadian ini, Al Amrad sangat mengharapkan agar orang tua, terlebih yang tinggal dekat sungai dapat lebih berhati-hati.

“Kami berharap para orang tua harus lebih berhati-hati, fokus dan jangan sampai lengah apabila mempunyai anak yang masih balita, apalagi tempat tinggal nya dekat dengan aliran sungai, sangat berbahaya apabila tidak diawasi dengan baik,” harapnya.

Selain mengungkapkan turut berbela sungkawa atas musibah yang menimpa korban, ia juga mengapresiasi atas sinergi antara unsur SAR gabungan hingga akhirnya korban ditemukan.

Untuk diketahui, unsur- unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian ini dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Laskar 62, Borneo Rescue Batola, Julungan Fire Rescue, BPK Antasari, Darul Taqwa, BPK Bakumpai Permai, Seman Marabahan, Basahap dan Tim Rescue Tapin. (SAR.BJM-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.