19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemkab Banjar Minta Masyarakat Mulai Gemari Makan Ikan

2 min read

Kadis Ketapang dan Perikanan Banjar Ahmdi menyerahkan produk olahan ikan kepada warga Desa Limamar.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar meminta masyarakat untuk gemar makan ikan (Gemarikan). Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai gizi yang terkandung di dalam panganan tersebut.

Gemar Makan Ikan (Gemarikan) ditutup dengan mengonsumsi olahan baso dari bahan ikan bersama warga di Desa Limamar.

Tentu agar langkah ini dapat terealisasi dan berjalan efektif, Pemkab Banjar bersama TP PKK menggelar Sosialisasi Gemarikan di Musholla Raudhatul Alimin Desa Limamar, Astambul, Banjar, Kamis (17/3) siang.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Banjar, Ahmadi mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pendorong agar program makan ikan dapat digemari seluruh kalangan.

“Terlebih peruntukkannya bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, ibu hamil serta menyusui,” ujarnya.

Selain memiliki kandungan protein cukup tinggi, lanjut Ahmadi, juga baik terhadap kesehatan bahkan bermanfaat bagi kecerdasan anak.

“Terutama bagi pasangan yang baru menikah,” ujarnya.

Dijelaskannya lagi, mengonsumsi ikan merupakan bentuk dukungan terhadap pencegahan penurunan angka stunting yang saat ini merupakan program strategis Pemkab Banjar.

“Maka dar itu, sosialisasi gemarikan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang memiliki gizi dan protein tinggi,” paparnya.

Ditegaskan Ahmadi, gemar makan ikan selain membuat tubuh menjadi tangguh dan kuat. Nabati yang terkandung di dalam ikan diyakini juga mampu membentuk imun.

“Kegiatan Gemarikan ini merupakan gerakan yang memotivasi masyarakat dengan sasaran anak-anak (balita), ibu hamil dan menyusui,” bebernya.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak besar terhadap pola makan khususnya mengonsumsi ikan.

“Semoga setelah ini, mereka yang cenderung kurang menyukai ikan menjadi gemar memakan pangan tersebut,” harapnya.

Diakhir kegiatan, Ahmadi menyerahkan produk olahan ikan secara simbolis kepada 3 perwakilan balita, ibu hamil dan menyusui.

Sementara itu, pelaksanaannya dibuka oleh Sekretaris Camat Astambul, Dedi Kurnadi, yang menandai sosialisasi ini digelar serta dihadiri pula TP Ketua PKK Banjar diwakili Ketua Pokja III, Agus Suprantyo, Pembakal Desa Limamar, Syaiful Akrabin dan Forkopimcam Banjar. (HUMBANJAR/RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.