20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

KPU BANJARMASIN PERBAIKI DPT HINGGA JELANG PILKADA 2024

1 min read
Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah, saat memberikan komentarnya pada awak media

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, melakukan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) hingga menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kepada sejumlah wartawan, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah, pada akhir pekan tadi mengatakan, pihaknya memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT) setiap pertiga bulan hingga menjelang tahapan Pilkada tahun 2024 mendatang.

“Kami mulai Maret ini melakukan verifikasi untuk perbaikan DPT pertiga bulan,” ucapnya.

Rahmi menjelaskan, untuk hasil sementara verifikasi perbaikan DPT yang dirilis bulan Februari tadi, jumlah DPT mengalami kenaikan, pada Pemilu tahun 2020 lalu ada sebanyak 447 ribu, sekarang sekitar 448 ribu.

“Verifikasi dilakukan hingga menjelang tahapan Pemilu, baik legislatif, Pilpres dan Pilkada,” jelasnya.

Lebih lanjut Rahmiyati Wahdah menambahkan, kegiatan verifikasi DPT yang dilakukan pihaknya menjalin koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Banjarmasin, terkait validasi data yaitu kebenaran domisili, kemudian bersama Dinas Pendidikan untuk pemilih pemula.

“Kita jalin koordinasi dengan pengadilan agama, untuk mencari data warga yang berusia di bawah 17 tahun, namun sudah menikah, karena mereka berhak memilih,” tutupnya.

Untuk diketahui, sesuai surat resmi KPU RI,
Pilkada 2024, Pemilu serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, serta DPD RI akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada baik Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota akan berlangsung pada 27 November 2024. (NHF/RDM/SA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.