15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Jadikan Kota Banjarbaru Klaster Hortikultura

1 min read
Kadis TPH Prov Kalsel Syamsir Rahman

BANJARBARU – Menjelang perpindahan Ibukota Negara Baru (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim), Pemerintah Pusat sudah menyiapkan berbagai macam kebutuhan untuk IKN, salah satunya kebutuhan pangan untuk IKN, Kalsel yang juga sebagai tetangga dari Kaltim turut dipersiapkan sebagai salah satu penyokong pangan IKN. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalsel terus berbenah disektor pertanian, salah satunya membagi kabupaten/kota di Provinsi ini menjadi klaster pangan, salah satunya kota Banjarbaru yang dijadikan sebagai Klaster Hortikultura.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman mengungkapkan, selama ini kota Banjarbaru sebagai pemasok sayur-mayur dan buah-buahan ke berbagai daerah di Kalsel, sehingga wajar apabila kota ini dijadikan sebagai Klaster Hortikultura.

“Banjarbaru kini menjadi magnet bagi semua orang, sehingga lahan pertanian di Kota ini harus dijaga, apalagi Kota Banjarbaru akan menjadi ibu kota provinsi, sehingga dikhawatirkan lahan pertanian akan semakin berkurang,” ungkapnya.

Syamsir Rahman menambahkan, pihaknya mengakui Kota Banjarbaru memiliki lahan pertanian yang sempit, namun berpotensi sebagai klaster pengembangan tanaman hortikultura seperti cabe, melon, tomat, semangka, labu, bawang, terong dan lainnya. Sehingga pihaknya mengharapkan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru agar menjaga lahan pertanian tetap produktif, sehingga dapat dipertahankan menjadi klaster holtikultura di Kalsel.

“Alhamdulillah Pemko Banjarbaru juga sependapat dengan Pemprov kalsel untuk menjaga lahan pertanian, sehingga akan mudah untuk menjaga lahan pertanian di kota ini,” tutup Syamsir. (MRF/RDM/SA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.