27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DISDAG KALSEL PASTIKAN TELUR AYAM RAS AMAN DI PASARAN

1 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan memastikan, ketersediaan telur ayam ras aman di pasaran.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, kepada wartawan pada Selasa (22/2) siang, saat ini produksi telur ayam ras di Kalimantan Selatan lebih besar dibandingkan dengan keperluan masyarakat, dengan demikian diperkirakan tidak mengalami kekurangan.

“Kersediaan telur ayam ras aman hingga bulan April yaitu bertepatan bulan suci Ramadhan,” ucapnya

Birhasani menjelaskan, untuk harga telur ayam ras perkilo sekarang ini hanya Rp20 ribu rupiah sampai Rp21 ribu rupiah, dibawah harga acuan dari harga Pemerintah Rp25 ribu rupiah. Selain itu telur ayam yang ada di Kalimantan Selatan, untuk pangsa pasarnya sudah masuk ke luar daerah.

“Dua Provinsi seperti Kaltim dan Kalteng, menjadi pemasaran telur ayam ras,” katanya

Lebih lanjut Birhasani menyampaikan, adanya dugaan telur ayam ras illegal masuk ke Kalimantan Selatan, hal itu tidaklah benar, karena selama ini setiap telur ayam ras yang masuk ke Kalsel, sudah melalui proses karantina antar pulau, dan diberikan sertifikasi kesehatan hewan. Begitupun telur atau ayam yang di Kalsel dan akan dipasarkan ke luar daerah, juga sudah melalui proses dari Balai Karantina Pertanian.

“Pemasok telur ayam ras di Kalsel ini dari Provinsi Jawa Timur, sedangkan pemasok lokal baik ayam dan telurnya sentralnya di Kabupaten Tanah Laut. Namun ke depan akan semakin memperketat pengawasan, untuk mencegah penyebaran penyakit hewan antar pulau,” tutupnya panjang lebar. (NHF/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.