23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disperin Kalsel Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Air Tawar Jadi Produk Albumin

2 min read

Kadis Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyuni (Kiri)

BANJARBARU – Untuk meningkatkan daya saing pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Provinsi Kalsel, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membuat visi misi yang berkaitan langsung dengan pelaku IKM, salah satu visi misi Gubernur Kalsel yakni membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Sehingga Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel menggelar pelatihan pengolahan ikan air tawar menjadi produk albumin. Pelatihan ini ini digelar di aula Badan Pengembangan sumber daya manusia (BPSDMD) Provinsi Kalimantan selatan, 14 – 18 Februari 2022.

Saat membuka pelatihan, Kepala dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Mahyuni menyampaikan, digelarnya pelatihan pengolahan ikan air tawar ini merupakan salah satu Janji dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, untuk mewujudkan membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata.

“Dengan diolahnya bahan baku ikan air tawar menjadi produk albumin, maka akan terjadi peningkatan nilai jual serta adanya pertumbuhan ekonomi dikawasan industri pengolah ikan air tawar,” ungkap Mahyuni.

Mahyuni melanjutkan, dengan digelarnya pelatihan pengolahan ikan air tawar menjadi produk albumin dan disersifikasi produk dari ikan Gabus (Haruan), pihaknya mempunyai harapan ikan Gabus dapat dimanfaatkan untuk menjadi minyak albumin yang kaya akan manfaat untuk penyembuhan, seperti pengobatan luka bakar.

“Pelaku IKM pengolah ikan air tawar sudah pandai sekali mengolah ikan Gabus (Haruan) menjadi produk jadi seperti kerupuk dan amplang. Kita ingin juga memberdayakan mereka agar bisa mengolah minyak albumin dari ikan Gabus,” ungkap Mahyuni.

Dilanjutkan Mahyuni, nilai jual produk Albumin sangatlah tinggi dikarenakan kaya akan manfaat untuk pengobatan, sehingga pelaku IKM pengolah ikan air tawar harus dapat mengetahui cara pembuatan minyak albumin, untuk dipraktekkan sebagai usaha kedepannya.

“Fungsi minyak albumin sangat tepat untuk pilihan percepatan penyembuhan pasca operasi,” tutup Mahyuni. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.