25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Terima 29 SK Hutan Sosial dari Presiden RI

2 min read

BANJARBARU – Bertempat di Gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel, Pemerintah Provinsi Kalsel menerima surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dari Presiden RI Joko Widodo, penerimaan SK ini digelar secara Virtual yang diikuti seluruh Provinsi di Indonesia, pada Kamis (3/2).

Asisten Administrasi Umum Setda provinsi Kalsel Adi Santoso

Dalam Sambutannya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan, setelah menerima SK, baik Pemerintah Provinsi Kalsel maupun provinsi lain harus segera memanfaatkannya sebaik mungkin. 50 persen lahan diharapkan dapat ditanami tanaman musiman seperti jagung, kedelai, kacang tanah dan lain lain dan 50 persen lainnya diharapkan ditanami dengan pohon berkayu.

“Atau dikembangkan seperti usaha ternak untuk meningkatkan perekonomian, dan jangan sampi digadaikan ke Bank dikarenakan SK perhutanan Sosial akan laku bila digadaikan,” kata Presiden RI Joko widodo dalam sambutannya.

Sementara itu, Mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Asisten Administrasi Umum Setda provinsi Kalsel Adi Santoso menyampaikan, pihaknya atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih kepada Presiden, yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengelolaan kehutanan.

“Pemerintah Provinsi Kalsel akan menyiapkan bibit produktif gratis untuk dibagikan kepada masyarakat penerima SK Perhutanan Sosial, sehingga masyarakat Kalsel dapat menanam bibit tersebut untuk kelestarian hutan dan lingkungan di banua ini, sehingga pertumbuhan perekonomian dapat berkembang dengan adanya pemberian bibit gratis ini,” ungkap Adi.

Adi melanjutkan, Program perhutanan sosial merupakan program strategis Nasional, program ini mulai dilaksanakan di Provinsi Kalsel sejak tahun 2017 lalu. Dan hingga tahun 2022 ini sudah sebanyak 77,641 ribu hektar lahan dibagikan Pemerintah Pusat dari Program Perhutanan Sosial untuk kelestarian lingkungan, dan melibatkan sebanyak 443 kepala keluarga didalam kawasan hutan lingkup Provinsi Kalsel. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.