22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel dan Pemkab Banjar Siap Bantu Pembangunan Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

BANJAR – Berlokasi di kawasan jalan SMP 3 Gang Abadi Desa Indrasari Kab Banjar (sebrang stadion Demang Lehman) Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan Martapura menggelar peletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Ponpes santri penghafal Al-Qur’an tersebut. Peletakkan batu pertama dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wakil Bupati Kab Banjar Said Idrus Al-Habsyie, Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Guru Hasanuddin Badruddin, dan Pembina Yayasan Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan Martapura Ustadz Ahmad Ghofuri, Senin (27/12).

Dalam sambutannya Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan, pihaknya mengapresiasi atas dibangunnya Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan. Dirinya juga turut mendoakan agar pembangunan Ponpes dapat cepat terbangun dan rampung sesuai rencana.

“Pembangunan pondok pesantren dimana pun tempatnya layak untuk dibantu. Ini mengingat Ponpes merupakan salah satu lembaga pendidikan memiliki misi menciptakan generasi berakhlak mulia,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin menambahkan, Pemerintah Provinsi Kalsel akan membantu pembangunan Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan, Bantuan dari Provinsi Kalsel akan disesuaikan dengan Dana Anggaran pembangunan sarana peribadahan, yang diharapkan dapat meringankan beban pembangunan Ponpes tahfidz qur’an ini.

“Insyallah, sesuai dengan ketentuan dan kemampuan,  kami akan bantu pembangan Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan, besar kecilnya bantuan dari Provinsi Kalsel diharapkan dapat mempercepat pembangunan Ponpes,” tutup Paman Birin.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Banjar Said Idrus Al-Habsyie menyampaikan, Ponpes sebagai salah satu lemabaga pendidkan islam telah membuktikan keberadaannya dan keberhasilannya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Sehingga Pemerintah Kabupaten Banjar juga mengapresiasi dibangunnya Tahfidz Al-Qur’an ini.

Wakil Bupati Kabupaten Banjar Said Idrus Al-Habsyie

“Dari pesantren telah lahir pemimpin – pemimpin bangsa, dengan berdirinya ponpes maka anak – anak dapat belajar membaca alquran dengan baik dan lancar. Sehingga masyarakat dan para pengusaha di wilayah ini diharapkan, dapat membantu dan menyumbang untuk pembangunan pondok pesantren,” ungkap Said Idrus Al-Habsyie.

Said Idrus Al-Habsyie menambahkan, Pemerintah Kabupaten Banjar akan terus mendukung pembangunan sarana pendidikan, terlebih khususnya Ponpes. Dikarenakan pembangunan Ponpes diyakni dapat memberikan warna positif bagi masyarakat.

Untuk diketahui, Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan Martapura direncakan akan dibangun dengan bangunan setinggi 4 lantai. Sementara ini, meskipun tidak memiliki bangunan untuk kegiatan belajae mengajar, para santri Tahfidz Al-Qur’an Tanwirul Furqan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di lantai 2 Masjid Al-Karomah Martapura. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.