26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kota Banjarbaru Raih Penghargaan Smart City dari Menkominfo RI

2 min read

Wali Kota Banjarbaru (kiri) bersama Ka. Diskominfo Banjarbaru memperlihatkan Penghargaan Smart City

BANTEN – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny Gerard Plate, memberikan penghargaan kepada Kota Banjarbaru sebagai salah satu daerah yang sukses mengimplementasikan program nasional, yakni Smart City.

Penghargaan itu diserahkan langsung kepada Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, di Indonesia Convention Exhibition, Tanggerang, Banten, Selasa (14/12).

Dalam ajang penghargaan tersebut, Kota Banjarbaru dinilai telah sukses mengimplementasikan program Smart City di bidang kategori Smart Living Gerakan Menuju Smart City.

“Alhamdulillah hari ini menerima penghargaan smart city di bidang smart living oleh menteri komunikasi dan informasi. Ini menjadi kado yang sangat indah bagi Kota Banjarbaru menjelang tutup tahun 2021 ini,” kata Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.

Seperti diketahui, Smart City merupakan program pengembangan berkelanjutan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses informasi. Aktor utama dalam pengembangan program Smart City adalah masyarakat itu sendiri.

Pada 2018, Banjarbaru terpilih di antara 50 kabupaten kota lainnya sebagai salah satu daerah tahap ke 2 pembuatan masterplan smart city. Dalam hal ini tim pelaksananya melibatkan Dinas Komunikas dan Informatika (Diskominfo) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Hasilnya adalah tersusunnya dokumen masterplan smart city 2019-2023 yang didalamnya ada pentahapan dan strategi pencapaian 6 dimensi. Yakni, smart branding (pencitraan cerdas), smart economy (pemberdayaan pelaku ekonomi cerdas), smart living (supporting aktivitas kehidupan warga  cerdas), smart society (komunitas/masyarakat cerdas), dan smart environtment (pengelolaan lingkungan hidup), dan quick win (program cepat capai) tahunan.

Atas penghargaan ini, Wali Kota Banjarbaru menyampaikan rasa terima kasih terhadap masyarakat maupun seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan program smart city. Baik itu SKPD maupun jajaran pemerintah di tingkat Kota hingga Rukun Tetangga (RT).

“Terimakasih kepada seluruh SKPD dan seluruh jajaran pemerintah kota Banjarbaru dari tingkat kota sampai tingkat RT.  Juga kepada kepala daerah sebelumnya yang telah memberikan pembangunan, kenyamanan serta kreatifitas untuk kemajuan kota Banjarbaru, sehingga banjarbaru termasuk dalam 100 kab/kota menuju smart city,” pungkasnya. (RILIS-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.