18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kejar Target IKLH Kalsel Tahun 2021

2 min read

Kepala Dinas Lingkungan Hidup prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU– Pemerintah provinsi Kalsel melalui Dinas Lingkungan Hidup mengejar target nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 sebesar 70,26 poin.

Meskipun bukan hal yang mudah, terlebih di Kalsel saat ini sedang terjadi bencana Hidrometeorologi. Namun upaya untuk mencapai target tersebut terus menerus dilakukan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, DLH prov Kalsel sudah melakukan berbagai macam upaya untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan menerapkan program Kajian Lingkungan Hidup Steategis (KLHS).

“Dari awal proses perencanaan yang dilakukan oleh Pemprov maupun pemerintah kabupaten kota, kita melakukan yang namanya KLHS,” ucap Hanifah.

KLHS menurutnya penting dilakukan untuk menilik kembali daya dukung dan daya tampung untuk seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang.

“Kami sudah lakukan itu (KLHS) sejak awal,” lanjut Hanifah.

Hanifah memaparkan, sejauh ini upaya Pemprov Kalsel melalui berbagai SKPD terus dilakukan guna mendukung peningkatan IKLH 2021, diantaranya dengan memberikan pembinaan kepada perusahaan – perusahaan guna memperhatikan aspek pelestarian lingkungan kemudian pengelolaan sampah dan limbah di berbagai kabupaten-kota maupun perusahaan.

“Tidak menutup kemungkinan kita juga melakukan pengawasan terhadap industri untuk memastikan pengelolaan terhadap limbah mereka,” terang Hanifah.

DLH Kalsel ungkapnya, juga telah memiliki UPT TPA Sampah Banjarbakula dalam pengelolaan sampah, melaksanakan program Adiwiyata di sekolah, program Sungai Martapura Bungas dan masih banyak lainnya.

“IKLH tak bisa dicapai sendiri karena ini pekerjaan elaboratif yang melibatkan semua pihak seperti Dishut prov Kalsel yang melakukan penanaman untuk meningkatkan indeks kualitas tutupan hutan, sementara pemerintah kabupaten kota juga berperan meningkatkan kualitas tutupan lahan,” pungkas Hanifah. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.