14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdag Kalsel Gelar Temu Bisnis dan Misi Dagang Lintas Provinsi

2 min read

Suasana Temu Bisnis dan Misi Dagang

BANJARMASIN – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, kepada Abdi Persada FM pada Selasa (7/12) mengatakan, menjelang di penghujung tahun 2021 ini, pihaknya melaksanakan Temu Bisnis dan Misi Dagang baru baru tadi untuk memanfaatkan peluang pasar antar lintas Provinsi, yaitu ke Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

“Kami analisa potensi perdagangan antara kedua provinsi itu, maka Palangkaraya di jadikan tempat bertemunya pedagang dan pelaku usaha asal Kalsel, dengan pelaku usaha perdagangan Kalteng,” ucapnya.

Birhasani menjelaskan, dalam Temu Bisnis dan Misi Dagang ini, atas pertimbangan kebutuhan beberapa komoditi dan produk Kalsel, bagi masyarakat Kalteng, dipilihlah beberapa produk dan komoditi asal Kalsel, seperti cabe beserta produk turunannya, produk Sarigading, ayam ras dan telur ayam ras. Ada juga beberapa komoditi produk perdagangan, yang distributornya berasal dari Kalsel. Namun pasarnya ekspansi ke Kalteng seperti bawang merah, gula pasir, minyak goreng.

“Beberapa komoditi dan produk Kalteng, yang menjadi keperluan pengusaha asal Kalsel, yaitu Damar, Teh Bajakah, abon ikan, dan lain-lain, untuk hasil transaksi dari Temu Bisnis dan Misi Dagang cukup fantastis, yaitu lebih dari Rp. 299,5 milyar,” jelasnya

Lebih lanjut Birhasani menambahkan, potensi pasar produk Kalsel di Kalteng dan Kaltim sangatlah besar, ini menunjukkan
dari hasil gelar Temu Bisnis dan Misi Dagang Kalsel mempunyai posisi yang sangat strategis dalam kegiatan perdagangan di Kalimantan. Kondisi ini perlu menjadi perhatian bersama dalam upaya meningkatkan kuantitas produk, baik hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan maupun usaha industri, agar pemanfaatan akses pasar ini berkelanjutan.

“Tentu sangat relevan dengan Visi Pemerintah Provinsi Kalsel, yaitu Kalimantan Selatan Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan. Karena sinergitas dan kolaborasi antar SKPD, dari hulu hingga ke hilir sangat diperlukan untuk menjalankan perannya sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.