14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdag Kalsel Gelar Seminar Diskusi Potensi Pemenuhan Jamaah Haji dan Umrah

2 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, saat memberikan sambutan

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar seminar sosialisasi dan diskusi, pemenuhan kebutuhan jamaah Haji dan Umrah embarkasi Banjarmasin, di salah satu hotel berbintang, Rabu siang (1/12).

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani menyampaikan, dalam upaya membuka akses peluang pasar lebih luas, baik dalam negeri maupun mancanegara, Kementerian Perdagangan RI telah menandatangani MoU bersama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, dan Kementerian Agama RI, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jedah, dalam bentuk kerjasama, untuk mendorong produk UKM Indonesia ke pasar ekspor, khususnya dengan negara tujuan Arab Saudi dan negara Timur Tengah serta lainnya.

“Kami gelar seminar sosialisasi dan diskusi, karena Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah yang dipilih untuk melaksanakan, diikuti sebanyak 50 pelaku UKM Kalsel,” katanya

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, saat melihat produk UKM Kalsel

Disampaikan Birhasani, pemanfaatan momentum musim haji untuk pemasaran produk Usaha Kecil Menengah merupakan satu langkah yang sangat strategis, baik di dalam negeri saat jamaah di Embarkasi, dan pihak asrama Haji memfasilitasi satu tempat untuk menjual produk UKM khususnya di Kalsel, yang pengelolaannya diserahkan kepada asosiasi misalnya Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) atau Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kalsel.

“Dua asosiasi ini nanti menampung produk-prduk UKM, yang tentu berkualitas sudah memenuhi standar produksi serta bersertifikat halal,” jelasnya

Birhasani menambahkan, peluang pasar ekspor bagi produk Usaha Kecil Menengah di Kalsel sangatlah terbuka untuk memenuhi kebutuhan jamaah Haji. Mengingat jamaah haji Kalsel setiap tahun cukuplah besar, apalagi biasanya merindukan produk makanan dan minuman asal Banua, seperti ikan asin sepat kering, seluang, sambal acan, kerupuk, amplang dan lain-lain, yang digemari jamaah provinsi lain serta Asia.

“Pada umumnya selera tidak jauh beda, dengan demikian sangat tepat kebijakan Pemerintah yang akan memfasilitasi ekspor produk Usaha Kecil Menengah pada saat musim haji khususnya. Kita berharap, seluruh pelaku UKM Kalsel memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya, karena Pemerintah Daerah Provinsi Kalsel, sangat mendukung program tersebut,” tutupnya.

Untuk diketahui, seminar sosialisasi dan diskusi potensi pemenuhan kebutuhan jamaah Haji dan Umrah Embarkasi Banjarmasin, di buka langsung Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, dengan Narasumber dari Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI, Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Asdep Pengembangan SDM UKM Kemenkop RI, dan Kepala ITPC Jeddah. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.