23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2021 Libatkan 167 Sanggar Seni di Kalsel

1 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (mic), saat berpartisipasi dalam pentas Pantul Berlakon di Kiram Park

BANJAR – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) sukses menggelar kegiatan puncak Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2021, di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Senin (29/11) malam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Kalimantan Selatan Yusuf Effendi, mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan seni budaya di banua ini.

“Kegiatan ini dapat menjadi wadah para seniman di seluruh Kalsel untuk mengembangkan dan juga dapat melestarikan kebudayaan yang kita miliki,” ucap Yusuf.

Sementara itu Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel Suharyanti mengatakan kegiatan tersebut diperingati sekaligus dalam rangka Hari Guru 2021 dan HUT Korpri ke 50 Tahun 2021.

“Kegiatan Pantul Berlakon dan bermusik ini adalah puncak kegiatan Festival Seni Budaya Banjar 2021, yang digelar dalam beberapa hari,” kata Suharyanti.

Diterangkan Suharyati, Pantul Berlakon adalah seni budaya khas Banjar yang perlu dilestarikan.

“Pantul berlakon ini mengalami perkembangan sekarang, dulu kan pemainnya menggunakan topeng, tapi sekarang kita menampilkan dengan menggunakan rias wajah, jadi kali ini berbeda,” terang Suharyanti.

Suharyanti berharap, pagelaran seni kerja sama antara Taman Budaya dan seniman dapat terus terjalin, sebagai wadah untuk berkarya.

“Taman Budaya akan selalu memberi ruang kepada para seniman di Kalsel dan menunggu karya-karya seni nya. Itu semua sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan seni budaya di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Dalam giat Festival Budaya Banjar 2021 telah dilibatkan 167 sanggar dan komunitas seni di Kalsel. Meskipun di guyur hujan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor turut meramaikan kegiatan malam puncak ini dengan berpatisipasi dalam pentas kesenian Pantul Berlakon bersama seniman dari Sanggar Lawang Banjarmasin dan The Bongkoes Band. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.