23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingginya Harga Minyak Goreng, Disdag Kalsel Wacanakan Gelar Pasar Murah

1 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

BANJARMASIN – Hampir satu bulan ini harga minyak goreng di pasaran mengalami kenaikan, Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, akan segera menggelar pasar murah.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani, kepada Abdi Persada FM diruang kerjanya pada Jumat (19/11) saat ini harga minyak goreng baik curah dan kemasan bervariasi di masing-masing tiga belas Kabupaten dan Kota. Dari data sementara minyak goreng curah Rp 17.000per liter, minyak goreng kemasan bantalan Rp 19.000per liter dan minyak goreng kemasan Rp 20.000per liter.

“Tingginya harga minyak ini disebabkan, terjadi kenaikan harga bahan baku minyak mentah sawit atau CPO di pasar internasional,” katanya

Birhasani menjelaskan, untuk mengatasi tingginya harga minyak goreng, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi, dalam
siaran pers resmi Kementrian Perdagangan RI, Bulog, Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten dan Kota, serta pelaku usaha distributor. Rencananya akan menggelar pasar murah, yang dijadwalkan pekan ketiiga bulan November, menjelang natal dan tahun baru.

“Kami berharap pasar murah nanti berjalan lancar, tentu dengan disiplin prokes, dan utamanya akan dijual minyak goreng,” jelasnya

Lebih lanjut Birhasani menambahkan, selain pasar murah, Pemerintah Pusat juga menggelar operasi pasar, bekerjasama dengan produsen perusahaan minyak di seluruh Indonesia, dengan cara dilakukan penjualan melalui ritel modern yang sudah bersifat nasional, untuk harganya Rp14.000 perliter kemasan sederhana.

“Silahkan warga memanfaatkan membeli diritel modern, terkait di beberapa Kabupaten, yang belum memiliki ritel modern, hal itu sudah dibahas dalam rapat koordinasi, sehingga sangatlah tepat digelar pasmur, dalam membantu warga khususnya di pedesaan,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.