17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Lestarikan Seni, Taman Budaya Kalsel Selalu Buka Ruang Untuk Semua Kalangan

2 min read

Kepala UPTD Taman Budaya, Disdikbud Kalsel, Suharyanti

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, selalu memberikan ruang untuk semua kalangan, dalam melestarikan seni.

Disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, kepada Abdi Persada FM pada Kamis (11/11), pihaknya mengayomi dan merangkul seluruh kalangan, yang tersebar di 13 kabupaten dan kota, tidak hanya pelaku seniman yang senior. Namun juga para millenial, untuk bersama-sama melestarikan seni di daerah.

“Kita berikan ruang semua, dengan harapan mereka terus berinovasi dalam setiap karya yang ditampilkan,” ucapnya.

Suharyanti menjelaskan, untuk pergelaran juga diatur yang tampil, mulai dari para pelaku seni tradisional, agar kalangan millenial mengetahui. Begitupun seniman lain, sehingga penonton yang menyaksikan, tidak merasa kaku dan bosan.

“Pergelaran ini ada dua, selain bisa disaksikan langsung, juga melalui laman Youtube Tambud Kalsel, agar semakin mencintai karya seluruh seniman,” katanya

Suharyanti menjelaskan, pada November ini, masih dalam rangkaian hari Wayang Nasional, pihaknya kembali melanjutkan program Ragam Pesona Budaya Banjar 2021, yaitu Karasminan Banua, pada Jumat malam (12/11) menampilkan pergelaran Wayang Orang dari sanggar Parapatan Lampini dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan judul ratapan toyapamerta bunga kedaton. Kemudian pergelaran secara perdana tari sanggar kemilau intan dari Kabupaten Banjar, serta pergelaran musikalisasi puisi dara kampoeng seni boejaja dari ULM.

“Kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelasnya.

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, untuk setiap pekannya selalu digelar Ragam Pesona Budaya Banjar 2021, yaitu Karasminan Banua, pada Jumat malam pekan depan (19/11) yaitu pertunjukkan tari tradisonal, musik panting dangdut, musik panting simak dan musik jazz Banjar. Selanjutnya memperingati hari Guru Nasional pada Kamis (25/11) akan tampil tari kolosal perwakilan sekolah menengah atas (SMA) yang berlokasi di Banjarmasin, serta pada Jumat malam (26/11) akan ditampilkan seni pertunjukkan Bapantulan.

“Warga bisa melihat informasi sebelum pergelaran di medsos Tambud Kalsel,” pungkasnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.