27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peradi Kota Banjarmasin Diminta Fokus Pada PBH Bagi Masyarakat Tak Mampu

2 min read

Suasana Pelantikan Pengurus DPC Peradi Kota Banjarmasin Periode 20121-2026

Banjarmasin – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Profesor Otto Hasibuan meminta agar Peradi Kota Banjarmasin fokus pada Pusat Bantuan Hukum (PBH) yang diberikan kepada masyarakat tak mampu.

Terlebih kini kebutuhan akan advokat ujarnya semakin besar sehingga Peradi Kota Banjarmasin harus fokus pada PBH yang menyangkut bantuan hukum secara cuma-cuma.

“Rakyat yang tidak mampu baik secara ekonomi dan politis harus dibantu dalam perkara litigasi maupun non litigasi. saya juga minta agar advokat tidak membeda-bedakan memberikan pelayanan kepada klien yang diberikan bantuan cuma-cuma dan berbayar,” katanya.

Kontribusi langsung kepada masyarakat dengan pemberian bantuan hukum menurut Otto sangat diperlukan saat ini. Selain itu peningkatan kualitas advokat yang tergabung dalam Peradi juga harus dilakukan. Peradi Kota Banjarmasin, lanjutnya, harus melakukan berbagai upaya, misalnya seminar pendidikan berkelanjutan agar advokat bisa terus mengikuti perkembangan hukum.

“Tetap semangat kepada Peradi Kota Banjarmasin, Saya bangga dengan advokat muda yang dilantik tadi dan saya juga mengucapkan terima kasih atas jasa pengurus Peradi sebelumnya yang telah mengembangkan Peradi Kota Banjarmasin selama ini teruslah menjadi Peradi yang dewasa, mandiri dan berkualitas,” jelasnya.

Sementara Ketua Peradi Kota Banjarmasin yang baru dilantik, Edi Sucipto mengatakan para advokat harus bekerja secara profesional dan tidak melanggar kode etik agar para pencari keadilan dapat mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Kedepan dirinya juga akan bersinergi dengan instansi terkait lainnya untuk mewujudkan advokat Banjarmasin menjadi advokat yang berkualitas dan berintegritas di era 4.0

“Kita ingin advokat di Banjarmasin ini profesional dan mandiri,” tegasnya.

Adapun langkah kedepan untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya mengadakan kunjungan khusus berkelanjutan berkaitan dengan dunia kepengacaraan.

Edi juga berjanji akan mengusahakan untuk sekretariat Peradi Kota Banjarmasin. Menurutnya sudah selayaknya ada bantuan dari pemerintah setempat baik Pemko Banjarmasin maupun Pemprov Kalsel agar Peradi di Kota Banjarmasin memiliki gedung sekretariat.

“Jika nanti ada asap yang diberikan ke Peradi kota Banjarmasin kita siap merawat dan menjaga aset tersebut,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ali Murtadlo menyampaikan pelantikan memang sempat tertunda karena pandemi COVID-19 yang harusnya dilaksanakan di tahun 2020 lalu.

“Rencana pelantikan ini memang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 dan baru terlaksana sekarang,” ucapnya.

Ia pun mengharapkan dengan dilantiknya para pengurus menjadi lebih bersemangat dalam menjunjung tinggi marwah organisasi dan mengembangkan organisasi.

“Dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan manfaat dari organisasi advokat baik dari Ikadin maupun Peradi,” terangnya.

Diketahui, Edi Sucipto resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Kota Banjarmasin di Hotel Galaxy Banjarmasin Sabtu (6/11) malam.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelantikan anggota Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Peradi Banjarmasin masa jabatan 2021-2026 yang diketuai oleh M Sabri Noor Herman. Kemudian dilanjutkan Pengangkatan Pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Martapura Banjarbaru Masa Jabatan 2021 – 2024 dan PATAKA PBH Peradi oleh Ketua Umum DPN Peradi Prof Dr Otto Hasibuan kepada Ketua PBH Peradi Terpilih Syamsul Bahri.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatangan MoU antara DPN Peradi dengan Fakultas Hukum ULM dan Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan. (NRH/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.