22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

TIGA DALANG TAMPIL DALAM PERGELARAN WAYANG KULIT Taman Budaya Kalsel

1 min read

TIGA DALANG TAMPIL DALAM PERGELARAN WAYANG KULIT Taman Budaya Kalsel

BANJARMASIN – Menyambut Hari Wayang Nasional pada 7 November 2021, Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, menampilkan pergelaran Wayang Kulit Banjar dengan tiga dalang.

Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Suharyanti, dalam sambungan telepon kepada Abdi Persada FM pada Kamis (4/11) mengatakan,
pergelaran Wayang Kulit Banjar, akan ditampilkan pada Jumat malam (5/11) melanjutkan program Karasminan Banua, tiga dalang yang akan tampil bersama itu Dalang Ririt dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dalang Juju dari Kabupaten HST dan Dalang Aprin dari Kabupaten Tapin.

“Pergelaran ini terbuka untuk umum di panggung dan tetap bisa disaksikan melalui laman YouTube Taman Budaya,” ucapnya.

Disampaikan Suharyanti, pergelaran Wayang Kulit Banjar ini, menampilkan cerita “Sakaki Kambang Membawa Jodoh,” juga akan tampil musik panting saraba sanggam. Pembinaan seni budaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi melalui Taman Budaya Kalsel, salah satunya kesenian Wayang Kulit Banjar.

Kepala UPTD Taman Budaya, Disdikbud Kalsel, Suharyanti

“Dengan segala pembatasan akibat pandemi COVID-19, kita berharap berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, dengan sekarang sudah turunnya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM ke level 2, untuk pergelaran seni telah dilonggarkan. Namun secara bertahap, dan pihaknya siap menerapkan aplikasi peduli lindungi sesuai arahan Pemerintah.

“Para pelaku seni sudah banyak divaksin COVID-19, dan mengimbau kepada semua terutama penonton, tetap disiplin protokol kesehatan,meski angka kasus menurun, tapi tetap waspada,” tutupnya.

Seperti diketahui, Wayang adalah sebuah warisan kebudayaaan Indonesia di masa lampau. Pertujukan Wayang sudah ada sejak dahulu yang meliputi seni peran, suara, musik, tutu, sastra, lukisan, pahat, dan juga seni perlambangan. (NHF/RDM/HDR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.