26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispar Kalsel : MoU Hutan Lindung Dapat Menggali Potensi Wisata

1 min read

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menilai, MoU hutan lindung tidak hanya melindungi hutan. Namun dapat semakin menggali potensi wisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin, kepada wartawan baru-baru tadi, dengan adanya MoU antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, bersama Kelompok Usaha Perhutanan di Kabupaten, dalam pengelolaan hutan lindung, tentu akan dapat memudahkan dalam menggali potensi destinasi wisata di seluruh Kabupaten dan Kota.

“MoU ini membuat Dispar Kalsel akan semakin nyaman, dalam berkoordinasi dengan pihak Kabupaten dan Kota, dalam menggali potensi wisata yang ada di hutan lindung,” ucapnya.

Disampaikan Syarifuddin, saat ini hutan lindung yang dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan, ada memiliki tempat untuk bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru. Namun terkendala aturan sebelumnya dalam mengelola regulasi kehutanan.

“Kami lebih mudah membenahi destinasi wisata, yang ada kawasan hutan lindung, misalnya saja didekat air terjun,” katanya.

Lebih lanjut Syarifuddin mengharapkan, melalui MoU ini, hendaklah bersama-sama dalam membenahi dan mengembangkan destinasi wisata, tanpa menggangu fungsi hutan lindung tersebut.

“Kita tidak ingin terjadi benturan antara pengembangan destinasi wisata dengan pengelolaan hutan lindung,” tandasnya.

Seperti diketahui, hutan lindung adalah daerah hutan yang mempunyai fungsi isi untuk perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur kelola cairan, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi cairan laut, dan memelihara kesuburan tanah. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.