18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tapin; Kenali Aplikasi Yang Menguntungkan di Era Pandemi

2 min read

TAPIN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar webinar literasi digital bertema “Kenali Aplikasiyang Menguntungkan di Era Pandemi“ untuk Kabupaten Tapin,secara resmi dibuka oleh Bupati Tapin H.M.Arifin Arpan dan sebagai Moderator Ronald Andretti,Selasa (26/10) pagi.

Webinar ini menghadirkan Narasumber berkompeten antara lain Mislani,Guru SMKN 1 Binuang,Grandika Primadani,Oil and Gas Professional dan Fitria Sulviana,M.Pd,Guru SMAN 1 Binuang.

Salah satu Narasumber Fitria Sulviana membahas mengenai kecakapan digital.Menurutnya kecakapan digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital baik hardware atau software untuk memudahkan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Manfaat dari kecakapan digital yaitu tidak ketinggalan zaman,membuat pelajaran lebih bermakna dan menarik,mengelola data semakin mudah,melindungi dari serangan siber, meningkatkan produktivitas perusahaan,membantu mengembangkan bisnis,banyak lapangan pekerjaan di bidang IT dan membuat orang semakin kaya akan informasi”katanya.

“Salah satu kecakapan digital dalam dunia pendidikan yaitu pembelajaran daring yang efektif sehingga peran teknologi dalam pembelajaran membuka banyak cara untuk belajar seperti teknologi interaktif membantu menciptakan peluang komunikasi,hal ini dapat mendorong guru dan siswa untuk lebih banyak berkomunikasi,berbagi dan mendiskusikan gagasan serta saling berkolaborasi”ujarnya.

“Kemudian Fitria menjelaskan bahwa metode pembelajaran daring menjadi efektif dan bervariasi karena pembelajaran daring berbasis teknologi dapat menumbuhkan anak untuk berfikir kritis dan kreatif serta berkomunikasi diantara siswa dan bekerjasama untuk memecahkan masalah”lanjutnya.

Diakhir pembahasannya Fitria mengungkapkan bahwa walaupun anak belajar daring tetap ada peran orang tua selain peran guru di sekolah seperti memastikan anak belajar dengan nyaman,untuk mengetahui perkembangan anak dapat menghubungi guru atau pihak sekolah,memberikan semangat ketika anak sedang malas,dan membantu mengerjakan tugas. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.