27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Vaksinasi di Kelumpang Selatan Membludak, Paman Yani : Kouta Peminatnya di Luar Dugaan

3 min read

M. Yani Helmi saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Sei Kupang Jaya bersama jajaran Satgas COVID-19 Kotabaru.

KOTABARU – Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi tak menyangka program vaksinasi yang digaungkannya belum lama tadi mendapat respon tinggi dari warga di Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru.

Yani Helmi ikut memeriksakan kondisi kesehatannya pada pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Sei Kupang Jaya, Selasa (19/10) siang.

Bagaimana tidak, kouta vaksin yang disiapkan olehnya jauh-jauh hari ternyata melebih target perkiraan. Dari 1.000 dosis vaksin yang telah siapkan itu diakui masih saja kurang. Bahkan, tambahan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotabaru sebanyak 500 dosis belum mampu menutupi.

Pemberian handsanitizer secara simbolis yang diterima langsung oleh jajaran tim Satgas COVID-19 Kotabaru.

Terkait hal itu, anggota dewan yang akrab disapa paman Yani itu menyebutkan, melihat tingginya minat masyarakat terhadap program vaksinasi bergerak itu, Ia mengharapkan agar pemerintah pusat melalui Kemenkes RI mampu menyediakan kouta berlebih untuk Kalsel, tujuannya agar pemerataan capain program vaksinasi massal dapat terealisasi 100 persen seiring dengan tingkat penuruan level penyebaran COVID-19.

“Kita ketahui sendiri, animo masyarakat kalau dilihat langsung di lapangan cukup tinggi dari prediksi yang disiapkan. Dan ini terbukti, sempat saya mendengar antusias warga disini katanya rendah tapi kenyataannya setelah digencarkannya sosialisasi vaksin pada pelaksaan reses hingga saat ini jujur saya terkejut melihat jumlah yang ingin ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi bergerak melebihi target,” paparnya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Dinkes Kotabaru di Desa Sei Kupang Jaya, Kelumpang Selatan, Selasa (19/10) siang.

Dia menilai, untuk memenuhi agar kebutuhan vaksin di Kalsel khususnya di Kotabaru daratan tersedia, program gotong royong melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai sumber pendapatan perusahaan di daerah tersebut harus benar-benar digaungkan.

“Jangan cuma bisa memanfaatkan dan mengeruk hasil bumi saja, tapi bantu lah mereka yang saat ini membutuhkan bantuan vaksin. Supaya capaian dari target yang ditetapkan oleh pemerintah mampu terealisasi,” harap anggota yang membidang ekonomi dan keuangan tersebut.

Dari data menyebutkan, untuk total keikutsertaan seluruh warga di Kelumpang Selatan, Kotabaru, bahwa jumlah partisipasi seluruhnya ada sekitar 1.800 lebih. Artinya, antusias capaian program layanan vaksinasi yang diinisiasi oleh paman Yani tersebut di luar prediksi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Suprati Sri Astuti mengungkapkan, meskipun kouta vaksin sudah ditambah sebanyak 500 dosis, namun kenyataannya antusias warga masih sangat tinggi untuk mendapatkan jatah vaksin. Sehingga, dosis yang disiapkan diakui masih saja mengalami kekurangan.

“Saya mau nambah banyak, tapi vaksinnya belum datang baik dari provinsi ataupun pusat dan ini selalu kita gaungkan. Seperti kita lihat tadi, antusias masyarakat sangat tinggi. Kendati demikian, kouta vaksinnya masih terbatas,” bebernya.

Saat ini, ungkap Suprati, untuk memenuhi jumlah kouta vaksin agar status level PPKM di daerahnya bisa terus turun, tentu dirinya juga telah berkoordinasi dengan Dinkes Kalsel dan Kemenkes RI.

“Kami sudah melakukan komunikasi dan semoga tambahan vaksin yang diberikan nanti cukup, sebagaimana realiasasi capaian target vaksinasi di Kotabaru masih berada diangka 40 persen lebih,” ungkapnya.

Disebutkannya, khusus capaian target vaksinasi di daerahnya itu harus mampu berada diatas 50 persen. Dari situlah, pihak Dinkes Kotabaru terus mengejar beberapa persen lagi supaya status level PPKM mampu berpengaruh turun.

“Maka dari itu, vaksinasi ini sangat penting dalam capaian target penurunan level,” ucapnya.

Terkait program yang diinisiasi oleh anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi dan bahkan telah mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, ia berpendapat, dewan perwakilan dari dapil IV itu mampu berkomitmen dalam membantu program vaksinasi massal.

“Kami sangat berterima kasih kepada paman Yani dengan memberikan 1.000 dosis vaksin, dan kami dari juga menambah 500 hingga totalnya menjadi 1.500 dosis,” ungkap Kadinkes Kotabaru, Suprati Sri Astuti.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sei Kupang Jaya, Yanto Saputera mengucapkan terima kasihnya kepada anggota Komisi II DPRD Kalsel dari fraksi Golkar, Muhammad Yani Helmi, atas inisiasi dalam memberikan layanan vaksinasi bergerak di desanya ditingkat kecamatan.

“Penyelenggaraan ini sangat kami dukung, cuman untuk meningkatkan antusiasnya itu perlu adanya pendekatan sosialisasi seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Komisi II DPRD Kalsel, paman Yani,” tuturnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.