23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Media Sosial Sebagai Fungsi Ekonomi, Politik dan Budaya

2 min read

HULU SUNGAI TENGAH – Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama siberkreasi dengan topik pembahasan Berkenalan Dengani Era Digital Dimasa Pademi, kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Hulu Sungai Tengah, Senin ( 18/10/21 ) siang.

Salah satu narasumber H.M.Dimiyati Huda dalam materinya “Etika Digital Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi” menjelaskan, kebebasan di dunia digital bukan berarti tak terbatas, karena suatu bangsa akan dibatasi oleh bangsa lain, satu masyarakat perindividu akan dibatasi oleh individu yang lain, artinya demokrasi disini harus bisa dipertanggung jawabkan.

“Ketika kita berbicara menyangkut media sosial yang menjadi akses informasi dalam bidang itu, kemudian sekarang melalui berbagai macam literasi kita bisa melihat berbagai macam literasi yang tak terbatas, lalu bagaimana dengan budaya? budaya di era digital saat ini dengan berbagai macam ragam budaya di seluruh dunia tanpa terbatas termasuk bagaimana prilaku sosial suatu bangsa ini juga berpengaruh pada ekonomi yang berhubungan dengan era digital apalagi kita termasuk pengguna digital terbanyak di Asia Tenggara,dan itu sangat berpengaruh terhadap ekonomi di Indonesia” jelas Dimiyati.

Hal inipun juga termasuk dalam hal politik karena kalau kita berbicara menjadi satu ranah sendiri bagaimana suatu bangsa menjalankan demokrasi, kebebasan berpolitik dalam sebuah sarana media sosial juga bukanlah tak terbatas dan tentu harus mentaati koridor yang ditentukan,ada tiga poin media sosial dapat mempengaruhi langkah politik yaitu, media sosial akan mempengaruhi langkah partai baru artinya sekarang ini siapapun bisa membuat partai baru dan media sosial bisa berperan dalam mengenalkan partai tersebut, kemudian poin sepanjutnya media sosial dapat meningkatkan fraksi masyarakat terhadap politik dan poin selanjutnya media sosial dapat meningkatkan kompetisi baru dalam dunia politik”jelas Dimiyati.

Webinar Literasi Digital Nasional Kementerian Kominfo RI KEYNOTE SPEECH H. Aulia Oktafiandi,Bupati HST ,Moderator Ovi Darin , Key Opinion Leaded Venerabella Arin – TV, Presenter, Duta Bahasa, Duta Wisata dengan narasumber
Junaidy, Dosen & Pengamat Sosial H. M Dimyati Huda, Kaprodi Ilmu Komunikasi Atmajaya. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.