22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tabalong; Didik Anak dengan Literasi Digital di Era Pandemi

2 min read

TABALONG – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar dengan tema “Didik Anak dengan Literasi Digital di Era Pandemi” di Kabupaten Tabalong, Sabtu (15/10) pukul 10.00 WITA. 

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan B Sc dan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Ronald Andretti yang menghadirkan narasumber pertama yakni, Dr H M Dimyati Huda yang membahas tentang “Budaya Digital”

“Apa yang kita posting ke media sosial harus bisa kita pertanggungjawabkan, kalau nantinya kita tidak bisa mempertanggung jawabkan apa yang kita sebarkan maka nanti akan berakhir dengan hukum, kita harus cerdas, bijak, dan sopan dalam bermedia sosial,” tuturnya.

“Konten yang kita sebarkan sebelumnya kita harus berpikir, apakah konten yang kita sebar itu bermanfaat bagi orang lain, hal ini sangat penting untuk diperhatikan,” tegasnya.

Narasumber kedua, Awiek Hadi Widodo yang membahas materi tentang “Kecakapan Digital”

Ia memaparkan, beberapa kemampuan dalam berkomunikasi, yaitu;

1.Mengenali kebutuhan informasi

2.Mengatur informasi secara logis dan lengkap

3.Menyampaikan ide secara koheren

4.Menggunakan bahasa berstandar tinggi

5.Bersikap santun dan etis

6.Mengelola waktu dan sumber daya secara efisien

7.Berpikir kritis

Narasumber ketiga yaitu Farras Ardiana yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Keamanan Digital”

Ia memaparkan, kerugian menggunakan fitur paylater yaitu berpotensi pemborosan, menambah utang, dan denda yang berlaku.

Adapun cara mencegah ancaman keamanan identitas, yaitu jangan posting identitas pribadi, jangan pernah bagikan omkode otp, dan rajin mengganti password.

Terakhir, narasumber Genta Pramadhana yang meyampaikan materi tentang “Etika Digital”.

“Didik anak kita sejak dini untuk menjadi pengusaha, jangan sampai anak kita merasakan sulit sama seperti kita dulu. Ajarkan anak mulai dari cara mengelola uang, latih jiwa kepemimpinannya, latih kemandiriannya agar anak bisa melihat peluang,” pungkasnya. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.