Salip Kompetitor, Bank Kalsel Melesat ke Posisi Runner Up dalam Survei BSEM
2 min read
Peringkat Bank Kalsel dalam survei BSEM 2025
BANJARMASIN – Persaingan antar Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah terus menunjukkan dinamika yang menarik. Dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) tahun 2025 yang dilakukan Marketing Research Indonesia (MRI), terjadi perubahan signifikan dalam posisi tiga besar.
Bank Jateng berhasil menempati posisi teratas, diikuti Bank Kalsel yang melesat dari peringkat keempat ke posisi kedua. Sementara itu, Bank Sumsel Babel menempati posisi ketiga.
Bank Kalsel menunjukkan performa yang impresif dengan meraih skor keseluruhan sebesar 83,85%, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berada di angka 81,43%.
Meski tidak mendominasi di semua aspek penilaian, kualitas layanan Bank Kalsel dinilai konsisten dan solid di hampir seluruh indikator.
Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengungkapkan, bahwa peningkatan skor yang merata mencerminkan kualitas layanan yang terjaga secara menyeluruh.
“Skor yang merata ini menunjukkan bahwa Bank Kalsel mampu memberikan layanan yang konsisten di semua lini. Kami bersyukur dan bangga bisa menempati posisi runner-up tahun ini,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa perbaikan dilakukan secara menyeluruh, baik dari sisi skor maupun peringkat di berbagai kategori. Beberapa aspek yang mengantarkan Bank Kalsel meraih posisi tiga besar dalam survei BSEM 2025 antara lain, Peringkat 1 Best Performa ATM, Peringkat 2 Best Overall Pelayanan Prima, Best Customer Service, Best Teller, Best Overall Walk in Channel, Best Mobile Banking, Best Social Media, Best SMS Banking, Peringkat 3 Best Satpam, Best Kenyamanan Kantor Cabang.
“Capaian ini adalah hasil kontribusi kolektif dari seluruh kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan unit kerja terkait. Kita patut berbangga, namun jangan pernah lengah. Di tengah industri perbankan yang semakin kompetitif, penting bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas diri, terus belajar, dan aktif mengikuti perkembangan,” tegasnya.
Untuk mempertahankan bahkan meningkatkan capaian di BSEM tahun-tahun mendatang, Bank Kalsel telah menyiapkan berbagai langkah strategis, di antaranya, Menyelenggarakan pelatihan intensif bagi para petugas frontliner, Melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai persiapan menuju BSEM 2025–2026, Mengundang para ahli di industri perbankan guna memberikan wawasan terbaru terkait tren dan inovasi layanan perbankan.
“Dengan semangat transformasi dan pelayanan prima, Bank Kalsel terus berkomitmen menjadi bank pembangunan daerah yang terpercaya dan unggul dalam memberikan layanan kepada Masyarakat”, pungkasnya. (ADV-RIW/RH)