14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pansus IV DPRD Kalsel Laksanakan Rapat Lanjutan Bersama Stakeholder Terkait

2 min read

Suasana rapat Pansus IV DPRD Kalsel

BANJARMASIN – Panitia Khusus (Pansus) IV pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan dan Lain-Lain Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang Sah melaksanakan rapat bersama stakeholder terkait di ruang Komisi IV DPRD Kalsel, Senin (1/7).

Selaku pimpinan rapat, Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Kalsel, Noor Fajeri mengatakan bahwa saat ini perkembangan pembahasan Raperda tersebut terkait pendalaman potensi-potensi apa saja, selain pajak dan retribusi, yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD Kalsel.

“Ternyata banyak potensi yang harus kita perdakan atau dasar hukum untuk memungut biaya yang selama ini tidak bisa dipungut karena tidak ada acuan hukumnya,” ungkapnya.

Jadi dengan adanya Perda ini nantinya, lanjut Fajeri, diharapkan PAD Kalsel semakin meningkat secara signifikan dan sangat membantu UPD penggunanya, seperti Balai Latihan Kerja (BLK), Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) dan Rumah Sakit

“Dengan adanya Perda tersebut, maka biaya-biaya untuk pelatihan, pendidikan atau lain-lain bisa dipungut secara sah,” jelasnya.

Setelah rapat ini, Pansus Raperda IV DPRD Kalsel akan melaksanakan studi komparasi ke Provinsi Bali, dalam waktu dekat. Hasilnya diharapkan dapat menjadi masukan bagi Perda yang sedang dibahas Kalsel.

“Kami memilih Bali karena provinsi yang disebut “Pulau Dewata” itu telah memiliki Perda serupa dan telah berjalan secara baik,” tuturnya.

Untuk diketahui, bahwa tujuan dari Raperda tentang Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan dan Lain-Lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah yaitu untuk mengoptimalkan perolehan laba atas penyertaan modal daerah, dan menentukan arah kebijakan dalam pembangunan Daerah.

Fajeri berharap raperda ini akan segera rampung, mengingat masa jabatan anggota DPRD periode 2019-2024 segera berakhir. Karenanya, banyak agenda pokok kedewanan yang akhirnya disesuaikan kembali untuk memprioritaskan Pansus IV DPRD Kalsel. (NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.