24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Kapasitas, Dinsos Kalsel Bekali 100 Anggota Karang Taruna se Kalsel

2 min read

Suasana Bimtek Karang Taruna se Kalsel Tahun 2024

BANJARMASIN – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna se-Kalsel selama tiga hari yaitu 25-27 April 2024 di salah satu hotel berbintang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Kalsel, Muhammaddun yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Surya Fujianorrochim, pada Kamis (25/4).

Kasi Pemberdayaan PSDKSKS, Dion Mulia Anggara Putra (kiri) dan Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim (kanan) saat acara Pembukaan Bimtek Karang Taruna se Kalsel

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim mengatakan karang taruna merupakan salah satu pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah.

“Peran dan kontribusinya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan pengentasan permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat,” katanya.

Surya menjelaskan tujuan bimtek ini adalah dalam rangka pemberdayaan karang taruna untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, penguatan peran Karang Taruna dan pemahaman meningkatkan jejaring karang taruna.

“Dalam bimtek ini, kami menghadirkan beberapa narasumber yang dapat mendukung perkembangan karang taruna di wilayah masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Surya, kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kapasitas dan memberikan pengetahuan dasar kepada karang taruna yang meliputi konsep dasar penyelenggaraan kesejahteraan sosial, tugas pokok dan fungsi, serta konsep dasar kemampuan teknis Karang Taruna yang didukung pemberian motivasi untuk meningkatkan komitmen Karang Taruna dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Maka untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan perlu dilakukan bimtek tentang Karang Taruna se-Kalsel,” terangnya.

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Kesejahteraan Sosial Kelembagaan Sosial Dinsos Kalsel, Dion Mulia Anggara Putra mengungkapkan kegiatan ini diikuti 100 orang yang berasal dari unsur Karang Taruna Provinsi dan Karang Taruna dari 13 Kabupaten/Kota se Kalsel.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud dan perhatian Pemerintah Daerah dalam upaya pemberdayaan potensi sumber daya kesejahteraan sosial Karang Taruna agar dapat berperan secara optimal dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” tuturnya.

Dion menambahkan Karang Taruna juga mempunyai tugas yaitu mengambil inisiatif dalam penanganan masalah sosial, membantu mendorong menggerakkan dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraaan sosial, dan mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial.

“Mendampingi program kesejahteraan sosial di tingkat desa atau kelurahan, berperan aktif dalam program nasional dan sebagai mitra pemerintah/institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.