24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Persentase Keikutsertaan KIA dari Tahun ke Tahun Semakin Meningkat

2 min read

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan melalui Badan Riset Inovasi Daerah (Brida) Kalsel, kembali menggelar Ajang Kalsel Innovation Award (KIA) 2024, bertempat di Gedung Idham Chalid Perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Kamis (7/3).

Penyelenggaraan Kalsel Innovation Award, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel, dalam membentuk ekosistem inovasi yang berkelanjutan di banua. sehingga dapat terwujud tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, yang lebih optimal.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Staf Ahli bidang Hukum dan Politik, Adi Santoso menyampaikan, penyelenggaraan Kalsel Innovation Award merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel dalam membentuk ekosistem inovasi yang berkelanjutan di banua. Sehingga dapat terwujud tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih optimal, di tengah tuntutan zaman yang serba cepat dan dinamis.

Staf Ahli bidang Hukum dan Politik (kanan) bersama PLT Kepala BRIDA Kalsel (kiri)

“Inovasi menjadi kunci akselerasi daya saing daerah, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Adi.

Ia menambahkan, perkembangan inovasi di Kalsel terus memperlihatkan kemajuannya. hal ini ditandai dengan program-program SKPD yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat juga pembangunan lingkungan.

“Kita berharap, progres ini bisa kita terus jaga, bahkan kita dorong untuk menginspirasi kemunculan terobosan baru lainnya,” lanjut Adi.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2024 ini gelaran kalsel innovation award terdiri dari kategori: inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi masyarakat umum.

Sementara itu, PLT Kepala BRIDA Provinsi Kalsel, Hadi Safitri menyampaikan, Kegiatan Kalsel Innovation Award Tahun 2024, merupakan salah satu komitmen Kalimantan Selatan, dalam meningkatkan penilaian indeks inovasi daerah di banua. berangkat dari Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2018, dan juga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 104 tahun 2018.

“Gelaran Kalsel Innovation Award ini, merupakan apresiasi terhadap semangat dan keberhasilan inovator – inovator daerah, dalam hal ini unsur Pemerintahan yang meliputi seluruh ruang lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah se – Kalsel, baik tingkat Provinsi maupun Kab/Kota,” ungkap Hadi.

Hadi menambahkan, partisipasi ke-ikutsertaan Kalsel Innovation Award terus meningkat setiap tahunnya, menarik jika melihat persentase keikutsertaan peserta Kalsel Innovation Award tahun 2023 yakni sebesar 79%, dan kami berharap gelaran tahun 2024 ini, persentase keikutsertaan seluruh peserta dapat meningkat signifikan secara kualitas dan juga kuantitas agar tercapainya iklim inovasi yang berkelanjutan di Kalimantan Selatan.

“Gelaran Kalsel Innovation Award tahun 2024 ini, juga akan dilaksanakan dengan metode pengumpulan data inovasi berbasis sistem, agar Kalimantan Selatan memiliki sebuah ekosistem data inovasi yang diharapkan ter-integrasi dari hulu sampai hilir,” tutup Hadi. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.