17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dorong Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Pemprov Kalsel Akan Laksanakan TKM dan TTG

1 min read

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan akan menyelenggarakan Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan Terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di kabupaten/kota.

Suasana Pelaksanaan Program TKM dan TTG Disnaketrans Kalsel Tahun 2023

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti mengatakan program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan sebagai peluang peningkatan pendapatan keluarga, aksebilitas masyarakat dan peningkatan perekonomian lokal.

“Dilihat dari tahun sebelumnya, program ini mampu meningkatkan pendapatan, mempengaruhi satu sama lain untuk mendorong dampak kolektif tenaga kerja, sehingga dapat membantu mereka untuk mandiri dan keluar dari kemiskinan,” jelasnya, baru-baru tadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati menambahkan untuk tahun ini program TKM dan TTG mendapatkan kuota tambahan sebanyak 40 orang menjadi 120 orang, yang mana di tahun 2023 hanya 80 orang.

“Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan di empat kabupaten yaitu kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” terangnya.

Indah menerangkan program ini salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam mengurangi pengangguran dan penciptaan wirausaha baru secara kelompok. Pemprov Kalsel, lanjutnya, juga akan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana usaha sebagai pendorong masyarakat supaya bisa mengembangkan usahanya.

“Kegiatan ini rencananya akan kami laksanakan setelah lebaran nanti,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.