24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kini, Kalsel Tidak Hanya Waspada Banjir Tapi Juga Waspada Gempa

1 min read

BANJARMASIN – Kalimantan Selatan beberapa kali terakhir terjadi gempa di daratan. Oleh karena itu, banua kini tidak hanya waspada banjir, tapi juga waspada gempa.

“Pada saat terjadi gempa pertama di Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 13 Februari 2024 lalu, BPBD Kalsel langsung mendapatkan arahan dari Gubernur Sahbirin Noor,” ungkap Kabid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Bambang Dedi Mulyadi, saat menjadi narasumber pada Program TKHI di Radio Abdi Persada, Selasa (20/2).

Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi

Bambang menjelaskan, waspada gempa sejak dini perlu dilakukan, agar penanganan bencana gempa dapat cepat teratasi, apabila musibah tersebut terjadi.

“Dalam penanganan gempa BPBD Provinsi Kalimantan Selatan terus bekerjasama dengan BMKG,” ucap Bambang.

Pihaknya juga menghimbau, apabila masyarakat menemukan bencana seperti gempa, dapat memberikan laporan ke BPBD Provinsi Kalimantan Selatan di call center 112.

“Saat ini BPBD Provinsi Kalimantan Selatan dalam menghadapi bencana, sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk penanganan, apabila terjadi bencana tersebut,” ujar Bambang.

Karena selama ini, lanjutnya, hanya waspada banjir maka sarana yang dimiliki untuk penanganan banjir.

Dalam waspada gempa ini, maka BPBD Provinsi Kalimantan Selatan memerlukan mobil serba guna, yang dilengkapi peralatan pertolongan korban pada saat musibah gempa terjadi.

“Saat ini mobil serba guna bencana diperlukan di Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Bambang. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.