17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

RSUD Ansari Saleh Tangani 43 Pasien DBD Selama Januari

2 min read

RSUD Ansari Saleh mencatat 43 kasus DBD pada periode Januari 2024. (Sumber Google)

BANJARMASIN – Memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Moch. Ansari Saleh mengalami peningkatan pada periode bulan Januari 2024.

Direktur RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh, Among Wibowo mengatakan pada periode bulan Januari 2024 terdapat 43 pasien DBD yang terdiri dari 7 orang rawat jalan dan 36 pasien rawat inap.

Direktur RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh, Among Wibowo

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding dengan periode bulan Desember 2023 yaitu 16 pasien DBD yang 14 orang diantaranya rawat inap dan sisanya dua orang rawat jalan,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (6/2).

Sementara, lanjut Among, saat ini, terdapat 6 pasien yang rawat inap di RSUD tersebut dan 6 orang pasien sudah dipulangkan.

Sedangkan untuk jumlah pasien DBD pada tahun 2023 lalu tercatat sebanyak 251 orang yang terdiri dari 203 pasien rawat inap dan 48 orang rawat jalan.

Among mengungkapkan kasus DBD terjadi sepanjang tahun 2023 dengan rata-rata 21 pasien per bulan. Kasus yang jumlahnya rendah terjadi selama tujuh bulan yaitu periode Juni sampai Desember dengan rata-rata 13 pasien.

Untuk kasus yang jumlahnya sedang terjadi selama tiga bulan yaitu periode Januari, April dan Mei dengan rata-rata 25 pasien. Kasus DBD yang tinggi terjadi selama dua bulan yaitu periode Februari dan Maret dengan rata-rata 42 pasien.

“Jadi keliatannya kasus-kasus DBD ada kaitannya dengan kasus trend peningkatan di awal tahun,” jelasnya.

Oleh karena itu, Among mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah, di kantor ataupun di sekolah untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD.

“Mari kita lakukan 3 M, yaitu Menguras penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air dan Mendaur ulang berbagai barang yang berpotensi dijadikan tempat berkembang biak nyamuk pembawa virus DBD,” ajaknya.

Selain itu, kalau menemukan anggota keluarga yang mengalami gejala DBD, seperti demam tinggi, nyeri kepala, mual dan ruam kulit disarankan agar segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang baik dan benar. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.