18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Legislatif Minta DLH Banjarmasin Kerahkan Pasukan Turbo Atasi Eceng Gondok

1 min read

Suasana enceng gondok di Sungai Martapura, pada Minggu (4/2)

BANJARMASIN – Kalangan Legislatif meminta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, mengerahkan pasukan turbo untuk mengatasi eceng gondok di bawah Jembatan di kota ini.

Permintaan itu disampaikan, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali, kepada sejumlah wartawan, pada Minggu (4/2).

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali

Matnor menjelaskan, guna menangani berbagai macam sampah di sungai diantaranya eceng gondok dan kayu, Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, hendaklah mengerahkan pasukan Turbo untuk lebih memberikan kinerja maksimal lagi di lapangan, agar tidak semakin banyak menumpuk di bawah Jembatan, salah satunya menghubungkan Kelurahan Pasar Lama dan Kelurahan Seberang Masjid Kecamatan Banjarmasin Tengah.

“Eceng gondok dan kayu ini di sangat mengganggu arus transportasi di sungai,” jelasnya

Disampaikan Matnor, saat ini beberapa kuliner wisata, tidak hanya bisa ditempuh melalui jalur darat, juga menggunakan kelotok yaitu sebuah perahu menggunakan mesin. Sehingga, kalau aliran air sungai dipenuhi eceng gondok dan kayu, otomatis akan menghambat warga, yang ingin berwisata sambil menikmati kuliner di sepanjang sungai tersebut.

“Kuliner yang berada di pinggir sungai dan ramai dikunjungi diantaranya kawasan Benua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur,” ungkapnya

Lebih lanjut Matnor menambahkan, wisata susur sungai merupakan salah satu ikon terkenal di Banjarmasin, maka alat transfortasi yaitu kelotok, tidak boleh terganggu akibat enceng gondok dan kayu, supaya tidak mengecewakan para wisatawan.

“Wisata susur sungai yang ramai dikunjungi seperti Kampung Biru, Pasar Terapung Lok Baintan, Pulau Kembang, dan Kampung Hijau,” tutup Matnor. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.