18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

KPU Banjarmasin Gelar Simulasi Pemilu 2024

2 min read

Ketua KPU Banjarmasin didampingi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, memperlihatkan Surat Suara

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap, dalam rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Kegiatan dipusatkan di halaman Gedung Bakhtiar Sanderta Taman Budaya Kalimantan Selatan, Jalan Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin Utara, Selasa (23/1).

Kepada sejumlah wartawan, Ketua KPU Banjarmasin, Rusnailah, setelah acara mengatakan, simulasi ini layaknya pemungutan asli dilaksanakan dengan menempatkan 4 bilik suara dan 5 kotak suara mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Banjarmasin. Kegiatan ini untuk mengetahui estimasi waktu melaksanakan proses memilih di bilik suara. Dimana, bertujuan untuk mengetahui kesiapan petugas dalam proses pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Petugas KPPS beserta perangkat bertugas sebagaimana hari H pemungutan suara, sejak Tempat Pemungutan Suara dibuka sampai ditutup setelah perhitungan suara,” jelasnya

Disampaikan Rusnailah, dalam simulasi ini ada sekitar 250 orang peserta Pemilu mulai dari yang terdaftar di Daftar Pemilu Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) serta pemilih penyandang disabilitas, yang telah dihadirkan. Mereka dipanggil satu- persatu masuk bilik suara, dari pengambilan surat suara, mencoblos, memasukan ke kotak suara, dan mencelupkan jari ke dalam tinta.

“Kami berharap mereka benar-benar faham dengan tugasnya nanti,” pinta Rusnailah

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap dalam Rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024. Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat, dapat memberikan hak pilih dengan menghadiri ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, saat simulasi

“Semoga masyarakat menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya. Dengan selalu mewujudkan perdamaian dan bersatu,” tutup Arifin

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, simulasi memasukkan Surat Suara setelah dicoblos

Untuk diketahui, gelaran Simulasi ini dibuka secara resmi Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, didampingi Ketua KPU Banjarmasin, Rusnailah, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Muhammad Yamin, Kapolresta Banjarmasin dan Wakapolresta Banjarmasin, Kejaksaan Tinggi, Komisioner KPU Banjarmasin, Sekretaris KPU dan Jajaran KPU Banjarmasin, Camat Banjarmasin, Panitia Pemungutan Suara atau (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan atau (PPK) serta perwakilan Partai Politik. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.