17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Cegah Potensi KLB DBD, Dinkes Kalsel Gelar Edukasi PHBS dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

1 min read

Pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar di desa Martadah Tala

TANAH LAUT – Puluhan kasus demam berdarah dengue (DBD) sudah ditemukan di sejumlah kabupaten kota di Kalimantan Selatan, pada Janauri 2024 ini. Bahkan dua kasus diantaranya, sudah menyebabkan korban jiwa.

Mengantisipasi potensi KLB DBD ini, maka Dinas Kesehatan Provinsi melalui UPT Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan, menggelar sosialiasi berupa pendidikan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian vitamin. Giat dilakukan di desa Martadah Baru, kabupaten Tanah Laut, pada Selasa (23/1).

Edukasi program PHBS di desa Martadah Tala

Kepada Abdi Persada FM, Kepala UPTD Pelayanan Kriss dan Epidemi Kesehatan, Sri Wahyuni, melalui Kasi Pelayanan dan Kegawatdaruratan, Sulastri mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan sistem kewaspadaan dini, menyusul terjadinya peningkatan kasus DBD di Kalimantan Selatan, pada musim hujan kali ini.

“Tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk mencegah terjadinya penambahan kasus DBD,” ujarnya.

Para nakes berfoto bersama dengan pejabat desa Martadah Tala

Untuk kegiatan ini, UPT Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan, menerjunkan krisis 9 orang tenaga kesehatan, dan dibantu 2 nakes dari puskesmas setempat.

“Dari pemeriksaan kesehatan tadi, kasus demam, batuk, pilek atau ISPA yang paling banyak ditemui. Menyusul Myalgia dan hipertensi,” tutupnya.

Giat serupa akan dilanjutkan pada 24 – 26 Januari. Yakni di desa Tungkap Binuang Tapin, pada Rabu hingga Kamis, dan terakhir di puskesmas Gambut. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.