24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Berhasil Tangani Bencana Ditahun 2023 Dengan Baik

2 min read

Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Suria Fadliansyah (baju coklat) saat menyampaikan release 2023

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar press release terkait evaluasi dan pendataan capaian – capaian kinerja dalam penanggulangan bencana di Provinsi Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan di Aula BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (29/12).

Press release BPBD Provinsi Kalimantan Selatan pada Jum’at (29/12)

Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Suria Fadliansyah menyampaikan, dalam rangka memperkuat ketahanan bencana lingkup masyarakat di Kalimantan Selatan, BPBD Provinsi Kalimantan Selatan terus bahu – membahu dalam ketahanan bencana. Adapun fasilitas fasilitas penanganan bencana milik BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, akan terus disiagakan untuk penanangan dan bantuan bencana kepada masyarakat di banua ini.

“Ada beberapa fasilitas yang terpenuhi baik dari pusat, maupun dari Provinsi sendiri untuk pelaksanaan kesiapsiagaan terhadap bencana,” ungkap Suria, di Aula BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (29/12).

Suria menambahkan, pihaknya bersyukur, penanganan bencana ditahun 2023 ini berjalan dengan baik, bahkan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan mendapat apresiasi terhadap penanganan bencana dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

“Termasuk logistiknya kita juga mendapatkan apresiasi terbaik, kemudian kerjasama terbaik antar daerah dalam bantuan-bantuan kepada masyarakat,” lanjut Suria.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga telah menyiapkan kampung siaga bencana, yang disiapkan untuk masyarakat agar memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana. Tidak hanya menanggulangi pada saat terjadinya bencana, masyarakat juga akan diberikan bekal penanganan sebelum dan sesudah terjadinya bencana.

“Sehingga bencana dapat diminimalisir dampaknya, dan desa tangguh bencana kurang lebih ada 50 yang tersebar di Kabupaten-Kota di Kalimantan Selatan,” lanjut Suria.

Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan di programkan untuk memiliki lebih dari 1 desa tangguh bencana. Desa tangguh bencana bukan hanya ada disetiap Kabupaten, namun juga disetiap Kota seperti Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.