18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Bentuk KWSB di 8 Kecamatan di Tanbu

2 min read

Suasana Pengukuhan Relawan di Tanbu

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel telah membentuk Kawasan Siaga Bencana yang meliputi delapan Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Suasana Simulasi Penanganan Bencana Banjir

Adapun delapan kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut yaitu Satui, Kusan Tengah, Kusan Hulu, kepayang, Kusan Hilir, Batulicin, Angsana, serta Mentewei.

Suasana Penyuluhan Pembentukan KWSB di Tanbu

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Provinsi Kalsel, Achmadi mengatakan, pembentukan kawasan siaga bencana dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dimana dampak bencana alam yang terjadi dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, dan rusaknya prasarana dan sarana publik.

“Salah satu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat yaitu Kawasan Siaga Bencana yang merupakan rangkaian penanggulangan bencana bertujuan untuk mengurangi jumlah korban atau pengurangan risiko bencana,” katanya, kepada Abdi Persada FM melalui WhatsApp, Jum’at (24/11).

Achmadi menjelaskan KWSB dibentuk dengan maksud untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di sekitar lingkungan.

“Pembentukan Kawasan Siaga Bencana di Kabupaten Tanah Bumbu ini sebagai modal sosial percepatan penanggulangan bencana di wilayah Tanbu. Dengan bahu membahu, KWSB Bersujud langsung turun ke lokasi bencana alam banjir, bencana sosial kebakaran dan bencana lainnya yang terjadi di wilayah masing-masing,” tuturnya.

KWSB yang terjun ke lokasi bencana dapat memberikan pengurangan risiko bencana lebih diminimalisir, khususnya bencana alam banjir yang terjadi di Hulunya dan Hilirnya juga merasakan bencana yang sama.

“Oleh karena itu, Dinsos Kalsel bekerjasama dengan Dinsos Tanbu melakukan langkah strategis dengan membentuk Kawasan Siaga Bencana yang terdiri dari Kecamatan-Kecamatan rawan bencana khususnya bencana alam banjir yang selalu terjadi disaat musim penghujan,” tambahnya.

Ada 150 relawan dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti pembentukan kawasan siaga bencana (KWSB) Bersujud yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi Kalsel, pada beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah pelaksanaan apel serta pengukuhan KWSB Bersujud di kantor Bupati, dan mereka dikukuhkan langsung oleh Pak Bupati, Zairullah Azhar,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga digelar simulasi penanganan bencana banjir rob yang dilakukan oleh anggota KWSB yang telah dikukuhkan meliputi vertical rescue, dapur umum, lumbung sosial, gardu sosial, dan posko kesehatan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.