24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Terima Aset Jalan dari Bupati Balangan, Paman Birin Siap Bangun Jalan Menuju IKN Nusantara

2 min read

Gubernur Kalsel (baju putih, tengah) dan Bupati Balangan (sasirangan, tengah) berfoto usai penandatanganan naskah hibah

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, bersama Bupati Balangan, Abdul Hadi melakukan penandatanganan naskah hibah, sekaligus serah terima barang milik daerah disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada Rabu (8/11). Barang milik daerah atau aset yang dihibahkan pemkab Balangan itu, berupa jalan di 3 desa, tanah untuk pembangunan kantor UPPD Samsat, bangunan SLB serta sejumlah kendaraan roda dua.

Momen penandatanganan naskah hibah antara Gubernur Kalsel (baju putih) dan Bupati Balangan (sasirangan)

Penandatanganan ini, disaksikan Ketua DPRD dan Sekretaris Daerah kabupaten Balangan, serta sejumlah kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi. Diantaranya plt Asisten II Pemprov, Kadis PUPR, Kadis Kehutanan dan Kadis PMPTSP.

Dalam sambutannya, Gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu mengatakan, Undang – Undang nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, yang diperbarui dengan Undang – Undang nomor 9 tahun 2015, telah mengamanatkan daerah untuk dapat menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pemenuhan pelayanan publik.

“Melalui kebijakan otonomi daerah ini, pemerintah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk menemukan alternatif pemecahan masalah secara inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujar Gubernur.

Oleh karena itu menurut Paman Birin, pemerintah daerah dituntut untuk lebih memperhatikan kualitas pelayanan masyarakat, sekaligus meningkatkan kemandirian daerah dalam melaksanakan pembangunan.

Termasuk dalam hal percepatan pembangunan di Kalimantan, khususnya di Kalsel, serta untuk membangun daya saing ekonomi melalui percepatan konektivitas dan kedaulatan energi daerah, sangat diperlukan berbagai inovasi dan terobosan.

“Ini supaya Kalsel tidak hanya berperan sebagai daerah penyangga IKN, namun juga sebagai etalase Indonesia baru yang mengedepankan kearifan lokal,” tambahnya.

Kabupaten Balangan yang berbatasan dengan kabupaten Tabalong, Kotabaru dan Paser (Kaltim), memang memiliki letak sangat strategis. Oleh karena itu, peran Pemprov sangat penting dalam rangka mendukung percepatan Kalsel sebagai gerbang dan penyangga IKN.

“Dengan hibah jalan ini, tentu akan memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat Kalsel,” jelas Paman Birin kepada wartawan.

Selain itu menurut Paman Birin, hibah ini sangat membantu meningkatkan infrastruktur guna memperlancar mobilitas angkutan barang dan orang, hingga menyambung ke jalan nasional kabupaten Paser.

“Ini akan semakin memperkuat posisi Kalsel sebagai pintu gerbang, Kalsel Babussalam, sebagai pintu keselamatan dan kawasan penyangga IKN,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Balangan, Abdul Hadi berharap, Pemprov Kalsel segera meningkatkan kondisi jalan setelah penyerahan aset ini.

“Jika jalan ini rampung dibangun, maka waktu tempuh dari kecamatan Halong ke Grogot Kalimantan Timur, bisa ditempuh hanya dalam waktu satu setengah jam, bahkan di bawah satu jam,” ujarnya.

Penyerahan aset jalan kepada pemprov ini, atas pertimbangan, bahwa jalan eks tambang ini dalam kondisi kurang terawat, namun letaknya sangat strategis sebagai jalur alternatif menuju kawasan IKN.

Setelah jalan ini terkoneksi, Hadi yakin akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat sekitarnya. Terutama kecamatan Halong. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.