19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Perkuat Pencegahan Korupsi di Dunia Usaha, Paman Birin Dukung KAD Antikorupsi

2 min read

Gubernur Kalsel saat mengukuhkan KAD Antikorupsi

BANJARMASIN – Dunia usaha di Indonesia, rentan terlibat pada kasus tindak pidana korupsi. Mulai dari gratifikasi, suap hingga ‘kerjasama di balik layar’ untuk meloloskan suatu proyek. Contohnya untuk pengadaan barang dan jasa, termasuk pada sektor perizinan.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, dengan menginisiasi pembentukan Komite Advokasi Daerah (KAD) Antikorupsi diseluruh Indonesia. Termasuk di provinsi Kalimantan Selatan, yang hari ini, Rabu (13/9) mengukuhkan KAD Antikorupsi periode 2023 – 2027, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Pengukuhan dilakukan langsung Gubernur, Sahbirin Noor.

Ketua Umum KADIN Provinsi Kalsel, Shinta Laksmi Dewi dikukuhkan sebagai Ketua KAD Antikorupsi, bersama sejumlah anggotanya. Turut dikukuhkan, diantaranya Ketua REI Provinsi, Ketua PHRI Provinsi Kalsel, Ketua GAPKI, dan sejumlah kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi, yang lingkup kerjanya berhubungan langsung dengan dunia usaha. Contohnya Dinas PUPR, Dinas Kehutanan, Dinas Koperasi dan UKM, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel.

Kepada wartawan usai mengukuhkan KAD Antikorupsi, Gubernur mendukung terbentuknya komite advokasi inisiasi dari KPK RI ini.

Gubernur Kalsel saat memberikan sambutan

“Komite ini menjadi langkah pemerintah provinsi mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, yang rawan terjadi di dunia usaha,” ujar Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel).

Sementara itu, Ketua KAD Antikorupsi Provinsi Kalsel, Shinta Laksmi Dewi mengatakan, keberadaan komite ini menjadi wadah komunikasi dua arah, antara dunia usaha dan pemerintah daerah, yang sering berkolaborasi dalam pembangunan.

“Melalui komite ini, kami ingin mewujudkan ekosistem dunia usaha yang lebih baik, dan yang pasti bersih dari indikasi tindak pidana korupsi,” tutup Shinta.

Hadir pada pengukuhan KAD Antikorupsi Provinsi Kalsel ini, Kasatgas 4 Direktorat AKBU KPK RI, Ipi Maryati Kuding, Ketua DPRD Provinsi, Supian HK, unsur Forkopimda Provinsi dan tamu serta undangan lainnya. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.