22 Februari 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Job Fair Disnakertrans Kalsel Juga Tawarkan Loker ke Luar Negeri

2 min read

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar Job Fair Tahun 2023 yang dirangkai dengan kegiatan Pameran Kalsel Expo di lapangan dr. Murdjani selama lima hari yaitu 30 Agustus – 3 September 2023.

Suasana Job Fair di Stand Disnakertrans Kalsel pada Pameran Kalsel Expo 2023

Kepala Disnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti mengatakan pada kegiatan kali ini sebanyak 30 perusahaan ikut berpartisipasi sebagai fasilitator yaitu dari sektor pertambangan, jasa keuangan, perdagangan, perhotelan dan perkebunaan.

“Kami bersyukur dapat memfasilitasi pencari kerja agar segera mendapatkan pekerjaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (30/8).

Menurut Irfan, Job Fair ini merupakan salah satu langkah Pemprov Kalsel dalam menurunkan dan menekan angka pengangguran untuk penduduk yang sudah berusia kerja saat ini.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan pada Februari tahun 2023 sebanyak 80 ribu atau 3,95 persen Tingkat Pengangguran Terbuka. Jumlah ini menurun dari tahun 2022 bulan Februari sebanyak 4.20 persen,” jelasnya.

“Dengan pelaksanaan Job Fair 2023, kami berharap bisa memberikan wadah untuk penduduk yang sudah berusia kerja dengan memfasilitasi mereka untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka,” terangnya.

Ditambahkan Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Bidang Pembinaan Pelatihan Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja, Humaidi Sya’ban Salam, selama lima hari ke depan, perusahaan yang berpartisipasi akan dibagi menjadi dua sesi yaitu bagian pertama 30 Agustus sampai 1 September 2023 untuk 15 perusahaan dan dilanjutkan dengan 15 perusahaan lainnya pada 2 dan 3 September 2023 dari jam 09.00-17.00 wita.

“Jadi, bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri untuk mencari lapangan pekerjaan bisa langsung datang ke stand Job Fair pada kegiatan kalsel expo 2023 di halaman lapangan Dr. Murdjani,” tuturnya.

Sementara, Plt Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Kalimantan Selatan, Fachrizal mengungkapkan pihaknya membuka beberapa lowongan pekerjaan ke luar negeri, yaitu Jerman, Jepang dan Korea Selatan.

“Untuk Jerman ada sekitar 40 loker dengan posisi perawat. Untuk Jepang ada 500an loker dengan posisi perawat dan perawat jompo. Sedangkan Korea Selatan ada tiga ribuan loker di sektor manufactur dan perikanan yang ditawarkan,” terangnya.

Fachrizal menambahkan pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemprov Kalsel. Karena pelaksanaan seperti ini sangat membantu untuk mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan-perusahaan.

Selain itu, salah satu warga yang baru lulus kuliah, Novia Theana Anggraeni mengungkapkan pihaknya sangat terbantu dengan kegiatan Job Fair 2023. Karena membantu dirinya untuk melihat langsung perusahaan – perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan berbagai kompetensi.

“Perusahaan yang ada kali ini cukup variatif, sehingga bagi saya yang baru saja lulus kuliah menjadi bahan referensi untuk menaruh lamaran kerja di beberapa perusahaan yang ada. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.