12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rute Terjauh Angkutan Mudik Gratis dari Wali Kota Aditya, Banjarbaru – Tanjung

2 min read

BANJARBARU – Menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Wali Kota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Ariffin, menginisiasikan program angkutan mudik gratis bagi masyarakat umum dan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemko Banjarbaru.

Program ini ucap Wali Kota Banjarbaru telah dipastikan terlaksana melalui leading sektornya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru. Untuk itu pula ia mengajak masyarakat Banjarbaru agar dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan tersebut.

“Silahkan mendaftar, kita siapkan angkutan gratis untuk masyarakat Banjarbaru yang ingin mudik saat lebaran nanti,” kata Aditya, Rabu (12/4).

Menurut Aditya, program angkutan mudik gratis menjadi salah satu strategi guna meredam penumpukan penumpak pada puncak arus mudik lebaran nanti. Mengingat, pergerakan saat arus mudik masih didominasi oleh kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor.

“Penggerakan saat mudik itu masih didominasi kendaraan pribadi, khususnya roda dua. Ini dapat mengakibatkan naiknya potensi kemacetan lalu lintas. Program angkutan mudik gratis diharapan mengantisipasi atau setidaknya meminimalisir kondisi tersebut,” terang Wali Kota.

Disisi lain, Plt Kepala Dishub Banjarbaru Mutia Syafariahadi melalui Kabid Sarana Prasarana Transportasi Eddy Sabara, menerangkan untuk sementara ini pihaknya masih menyiapkan 3 unit bus yang akan digunakan nantinya. Namun ia mengakui jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

“Sementara ini masih kita siapkan tiga unit bus dan satu unit lagi untuk cadangan. Tapi sisa saja nanti bertambah, tentunya kita liat perkembangan jelang lebaran nanti,” ujar Eddy.

Pelaksanaan angkutan mudik gratis nantinya akan dimulai pada 18 April 2023 dengan rute terjauh ialah Banjarbaru – Tanjung. Namun sebelum itu bagi masyarakat khususnya lebih dulu dapat mendaftarkan diri, baik itu datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru atau melalui via barcode di iklan banner yang disebar di sosial media.

Sedangkan untuk pegawai negeri sipil di lingkungan Pemko Banjarbaru dapat mendaftarkan diri melalui masing-masing SKPD tempatnya berkerja.

Lalu bagaimana dengan proses penjemputan kepulangan? Terkait hal ini, Ia menerangkan bahwa untuk penjemputan kepulangan dilaksanakan serentak pada 24 April 2023.

“Titik penjemputannya disesuaikan masing-masing kabupaten kota. Tentu kita harapkan yang mudah terjangkau. Informasi ini harap diingat sehingga tidak tertinggal saat pulang nanti,” tuntasnya. (MedCen.BJB-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.