22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel Apresiasi Sosialisasi Kalsel Innovation Award 2023

2 min read

Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar, saat membacakan sambutan Gubernur

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Kalsel Innovation Award Tahun 2023 dan Bimbingan Teknis Inovasi Daerah, yang diinisiasi oleh Balitbangda Kalsel, di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Selasa (7/3).

Suasana kegiatan Sosialisasi Kalsel Innovation Award dan Bimtek Inovasi Daerah Tahun 2023

Apresiasi itu disampaikan Gubernur akrab disapa Paman Birin itu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar, saat membuka kegiatan.

Menurut Gubernur, terselenggaranya kegiatan ini, menunjukkan komitmen pemerintah dalam memajukan daerah. Apalagi diakuinya, inovasi daerah memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.

“Melalui inovasi, pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik,” ujarnya.

Dalam konteks ini, gagasan, maupun adaptasi dan modifikasi inovasi pelayanan yang diselenggarakan pemerintah daerah, dinilainya juga sangat penting. Sebab inovasi-inovasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Secara faktual, diakuinya, telah banyak inovasi yang dilakukan oleh para inovator baik di lingkungan pemerintah daerah maupun masyarakat umum.

“Dengan adanya program inovasi daerah Kalsel, kami ingin memberikan wadah yang lebih representatif bagi para inovator untuk menunjukkan potensi yang ditunjukkan melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan, serta dapat dan menginspirasi orang atau lembaga lainnya,” bebernya.

Kalsel Innovation Awards dimulai sejak tahun 2022 lalu. Bedanya di tahun ini, terdapat penambahan kategori yaitu penjaringan inovasi masyarakat umum.

Selain itu, terdapat juga kewajiban bagi seluruh SKPD mengikuti dan melaporkan inovasi daerah yang sudah dalam tahapan penerapan dari tahun 2021-2022 dengan dasar surat pernyataan komitmen yang telah ditandatangani bersama oleh seluruh SKPD lingkup Kalsel.

Kepala Balitbangda Kalsel, Muhammad Amin, menyebutkan, Rencananya, event seperti ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Karena inovasi itu saat ini memang sedang digalakan termasuk inovasi yang ada di daerah-daerah,” ungkapnya.

Adapun peserta yang dapat mengikuti program ini adalah seluruh SKPD Pemprov, seluruh SKPD kabupaten/kota se-Kalsel dan masyarakat umum/pelajar/mahasiswa/perorangan/kelompok.

Foto bersama Sekda Kalsel, Kepala Balitbangda, narasumber, bersama peserta sosialisasi dan bimtek

Kategori yang akan dilombakan dalam program ini meliputi inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi masyarakat umum.

“Saat ini kita berikan sosialisasi dulu tentang penyelenggaraan kegiatan, nanti baru kita akan lakukan penilaian. Mungkin disekitar bulan Mei 2023,” bebernya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.