27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Komisi IV DPRD Kalsel Dukung Pengembangan SMKN 1 Haruai Tabalong

2 min read

Suasana Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kalsel ke Pemkab Tabalong

TANJUNG – Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Haruai Kabupaten Tabalong yang belum maksimal menarik perhatian para Wakil Rakyat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Untuk itu, Komisi IV DPRD Kalsel yang salah satunya menangani sumber daya manusia melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk mendiskusikan terkait upaya pengembangan SMKN 1 Haruai yang kini kian minim peminatnya, Jum’at (17/2).

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel Firman Yusi mengatakan komitmen Bupati Tabalong untuk memberikan dukungan bagi pengembangan SMKN ini perlu menjadi perhatian Anggota Dewan Kalsel, dimana untuk mengembangkan SMKN 1 Haruai memerlukan perencanaan yang lebih detil dan menyeluruh sehingga kebermanfaatan sekolah menengah tersebut semakin dirasakan dan terlihat hasilnya pasca dilakukan pembangunan ulang (revitalisasi) SMKN tersebut.

Bupati Tabalong, Anang Syahfiani (kiri) dan Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi

“Tetapi tentu hal itu harus melewati proses kajian-kajian yang lebih mendalam lagi sehingga SMK ini nantinya bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik,” jelasnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan terkait keinginan akan hadirnya Balai Besar Peningkatan Latihan Kerja (BBPLK) di Kabupaten Tabalong. Mengingat, posisi Kabupaten Tabalong sangat strategis yang berbatasan dengan Ibukota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. Diharapkan Tabalong bisa menjadi supplier (penyedia) sumber daya manusia bagi IKN sehingga keberadaan BLK nya pun harus yang bisa menjamin SDM yang dihasilkan benar-benar yang dibutuhkan oleh IKN.

“Kami di Komisi IV DPRD Kalsel akan memberikan dukungan maksimal untuk kehadiran BBPLK di Tabalong,” tuturnya

Sementara, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan perhatian DPRD Kalsel, khususnya Komisi IV terhadap upaya pengembangan SMKN 1 Haruai.

Dikatakannya, bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Tabalong perlu duduk satu meja untuk merumuskan jurusan apa yang bagus dikembangkan di sekolah kejuruan tersebut agar benar-benar menghasilkan SDM yang berkualitas, memiliki daya saing yang tinggi dan memenuhi pasar kerja yang dibutuhkan.

“Saya minta supaya SMK Haruai yang ingin kita kembangkan ini betul-betul berdampak positif terhadap perkembangan pendidikan di Tabalong. Kami akan bicara, akan rumuskan bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi (Kalsel) terkait putusan apa yang akan kita kembangkan disana karena kita harus menyadari bahwa tantangan kita itu sudah berubah. SMK ini memang sangat dibutuhkan,” terangnya. (DPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.