19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DKSIP Banjar Sarankan 10 CCTV Untuk Pantau Arus Lalin Menuju Lokasi Haul Guru Sekumpul ke-18

2 min read

Ilustrasi CCTV jalan raya (sumber foto : google)

BANJAR – Peringatan haul akbar Guru Sekumpul ke-18 di Desa Keramat, Martapura Timur, pada Kamis (26/1) malam, diperkirakan akan dihadiri oleh 10 ribu jamaah dari berbagai penjuru.

Kepadatan arus lalu lintas menjelang hingga hari H peringatan, tentu tidak luput dari perhatian. Apalagi jalan menuju lokasi dinilai terlalu sempit untuk dilewati ribuan kendaraan secara bersamaan.

Di Martapura sendiri sudah terdapat sebanyak 13 buah CCTV yang biasanya juga difungsikan untuk memberikan situasi terkini arus lalu lintas setiap peringatan haul Guru Sekumpul di komplek Ar-Raudah.

Sementara CCTV menuju lokasi haul di kediaman pribadi Gubernur Kalsel sampai saat ini masih belum ada.

Kepala Bidang e-Government Dinas Komunikasi Informatika Statistik Persandian (DKSIP) Kabupaten Banjar, Cornelius Kristiyanto mengatakan, pihaknya tengah menunggu konfirmasi dari Dinas Kominfo Provinsj Kalsel, untuk menyiapkan pemasangan CCTV area menuju lokasi peringatan haul.

Kepala Bidang e-Government DKSIP Banjar, Cornelius Kristiyanto

“Kita sudah minta 10 CCTV kemarin, jadi pemasangannya rencananya dimulai dari kawasan Martapura Lama hingga ke Desa Dalam Pagar,” ujarnya.

Penambahan CCTV di kawasan Martapura Lama hingga ke Desa Dalam Pagar sendiri diakui Kris, sebelumnya sudah dianggarkan oleh DKSIP Kabupaten Banjar. Pasalnya daerah itu setiap tahun juga melaksanakan peringatan haul Datu Kalampayan.

“Kita sudah anggarkan cuman realisasinya untuk tahun 2024. Karena haul Guru Sekumpul ini terbilang mendadak, terpaksa kita minta bantuan Dinas Kominfo Provinsi. Semoga pemasangan CCTV ini juga permanen,” jelasnya.

Selain itu, ia menuturkan, pihaknya juga masih memerlukan kabel fiber optik sepanjang 4.8 kilometer untuk memaksimalkan kekuatan jaringan komunikasi, terutama saat sedang melakukan siaran langsung.

“Jadi nanti semua kondisi terkini dapat langsung ditarik oleh kawan-kawan media, sehingga segala pemberitaan menjadi lebih cepat,” tuturnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.