24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Haul Guru Sekumpul ke-18 Akan Digelar Tahun Ini

2 min read

Guru Wildan (mic) saat menyampaikan keterangan dalam jumpa pers peringatan haul Guru Sekumpul ke-18

BANJAR – Peringatan Haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) ke-18 akan digelar tahun ini. Bedanya, haul diiniasi oleh ulama dan tokoh agama yang merupakan murid Guru Sekumpul semasa hidup.

Saat jumpa pers di kediaman pribadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Minggu (8/1) malam, Pimpinan Ponpes Tahfidz dan Ilmu Al-Qur’an Darussalam Martapura, Muhammad Wildan Salman menyebut, pihaknya bersama dengan para “Anak Ilmu” (murid Guru Sekumpul) lainnya sepakat akan memperingati Haul ke-18, pada Kamis malam (26/1).

“Haul Akbar Guru Sekumpul akan dilakukan pada malam Jumat, tanggal 26 Januari, di kediaman Bapak Gubernur di Kampung Keramat. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT,” ucapnya.

Pimpinan Ponpes akrab disapa Guru Wildan itu mengungkapkan, haul ini akan dibuka untuk umum. Bahkan juga mengundang masyarakat serta tokoh agama dari luar daerah.

“Kita akan mengundang tamu dari luar Kalsel, khususnya dari Pesantren Tebu Ireng Jombang, dan Alhamdulillah mulai pengasuh pesantrenya mulai mualiminnya, pimpinan Ponpes serta satrinya merespon dengan baik dan akan menghadirinya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, peringatan haul Guru Sekumpul sudah tidak digelar secara akbar sejak adanya pandemi COVID-19. Kendati demikian, di berbagai daerah termasuk luar Kalsel tetap menggelar peringatan di masjid atau mushola setempat.

“Apalagi kita yang masih di kawasan Martapura, tentu akan melaksanakannya,” beber Guru Wildan.

Jumpa pers juga dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, serta sejumlah ulama Banua, yakni Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-Banjari, Guru Juhran, Fauzan Saleh. (RILIS-SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.