20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Komisi II DPRD Kalsel Dukung DKP Kalsel Tingkatkan PAD

2 min read

PALANGKA RAYA – Kecilnya kontribusi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) mendapat sorotan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel.

Suasana Kunjungan Komisi II DPRD Kalsel ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng.

Untuk mendorong upaya peningkatan PAD, Komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan ini mencoba menggali informasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dinilai sangat bagus dalam memaksimalkan program kegiatannya menjadi sumber PAD.

Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo mengungkapkan banyak hal yang bisa digali dalam kunjungan kerja ini, terutama bagaimana agar Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel nanti bisa mendapatkan alokasi anggaran yang lebih baik untuk mendongkrak peningkatan PAD.

“Sekarang (Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel) baru ada 30 milyar, disini (Kalteng) sudah 100 milyar lebih”, katanya, dalam siaran pers, Senin (12/12).

Menurut Imam, meski retribusi di Kalsel ternyata nilainya lebih tinggi dibanding Kalteng, namun hal tersebut dirasakan belum mampu meningkatkan PAD padahal banyak sumber-sumber PAD yang bisa digali dan ditingkatkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel.

Ia berharap ke depan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel bisa mendapatkan alokasi anggaran yang lebih baik supaya bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan untuk meningkatkan PAD, seperti penyediaan sarana cold storage (sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang mempunyai fungsi utama untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan nelayan) dan sarana penunjang lainnya.

“Yang harus dicontoh Kalsel adalah bagaimana mendapatkan anggaran. Supaya lebih banyak cold storage dan lain sebagainya. Itu kan semua untuk meningkatkan PAD tapi masih belum terakomodir”, ungkapnya.

Selain itu, Imam juga berharap di tahun 2024, ada pendekatan ke Bakeuda dan Bappeda supaya bisa terakomodir, karena potensi-potensi untuk mendapatkan PAD di Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel ini sangat banyak.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng, Darliansjah mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan atas kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Kalsel dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel ke Kalteng untuk berbagi, bersinergi, dan bertukar pikiran untuk percepatan pembangunan Dinas Kelautan dan Perikanan di Kalteng maupun di Kalsel.

“Ada beberapa masukan yang nanti akan kami terapkan di Kalteng dan ada beberapa program yang bisa kami sinergikan dengan Kalsel,” ucapnya. (DPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.