26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Kalsel Gandeng Bunda Literasi

2 min read

BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Workshop bersama Bunda Literasi Kalsel, untuk mendorong peran berbagai pihak dalam meningkatkan minat baca.

Kegiatan yang diikuti Bunda Literasi kabupaten/kota, Kepala Dispersip di 13 kabupaten/kota, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota, Duta Baca, dan para penggiat literasi dilaksanakan di salah satu hotel berbintang, Kamis (8/12).

Suasana Kegiatan Workshop Bunda Literasi

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyampaikan, upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat perlu melibatkan semua pihak, guna memperkuat kualitas sumber daya manusia.

“Kita tidak bisa berjalan sendiri, kolaborasi dengan semua pihak harus kita lakukan, baik Bunda Literasi, satuan kerja perangkat daerah lain, para Duta Baca, penggiat literasi, dan banyak lagi. Pada kegiatan inilah kita samakan misi untuk bergerak bersama,” katanya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kalsel, Fathul Jannah Muhidin, menginginkan kerja sama Bunda Literasi kabupaten/kota untuk merangkul berbagai organisasi, guna mempromosikan minat baca terhadap generasi penerus sejak dini, yang dimulai dari lingkup keluarga.

“Pada era digital saat ini peran orang tua untuk mendekatkan buku terhadap anak sangat diperlukan, guna menumbuhkan minat baca terhadap generasi mendatang. Jangan hanya dikenalkan dengan gadget, namun juga buku,” terangnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Faried Fakhmansyah, yang juga memberikan materi dalam kegiatan ini, mengaku siap bersinergi guna mencapai misi Kalsel Cerdas.

“Kita dapat berkolaborasi melalui pembangunan perpustakaan atau taman baca di desa-desa. Hal ini sejalan dengan program kita untuk mendorong desa yang berkualitas,” tambahnya.

Workshop ini juga disiarkan melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube Dispersip Prov Kalsel. Tidak hanya masyarakat di Kalsel, tetapi juga diikuti dari berbagai daerah di luar Kalimantan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.