23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Yani Helmi Dukung Sektor Ekonomi Perkebunan di Desa Suka Maju

2 min read

Mayoritas ekonomi masyarakat Desa Suka Maju adalah pekebun sawit

KOTABARU – Perekonomian di Desa Suka Maju, Kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru, mayoritas bertumpu pada sektor perkebunan sawit. Hanya saja, harga jual dari komoditi itu diharapkan turut seimbang dengan pendapatan.

Suasana menuju lokasi Desa Suka Maju

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, mengungkapkan, di tengah pemulihan pasca COVID-19 diharapkan tak memukul geliat harga sawit yang dikelola masyarakat. Terlebih, saat ini penopang utama mereka masih bertumpu pada sektor perkebunan.

Yani Helmi (tengah) saat menjaring aspirasi sekaligus bersilaturahmi Ke Desa Suka Maju disambut Kades Suka Maju, TNI/Polri

“Memang diakui bahwa mayoritas masyarakat di Suka Maju ini adalah pekebun sawit dan rata-rata lokasinya tak jauh dari tempat tinggal mereka. Mudah-mudahan harga sawit juga stabil disertai permintaan dari luar tinggi kan lebih bagus,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (13/10).

Apalagi, dikatakannya, Pemprov Kalsel telah memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki kewenangan penuh terkait peningkatan efektivitas pendapatan dari bisnis komoditi kelapa sawit. Terlebih lagi, kemajuan pertumbuhan positif dari Desa Suka Maju harus benar-benar didukung dan direalisasikan penuh keberadaannya oleh pemerintah.

“Ini keterkaitan juga dengan mitra kerja kami di Komisi II DPRD Kalsel yakni Dinas Perkebunan dan Peternakan agar kesejahteraan masyarakat dapat terayomi dengan baik,” bebernya.

Kendati demikian, dari hasil diskusi dengan masyarakat aspirasi positif yang disampaikan melalui Kepala Desa Suka Maju akan diupayakan dan disuarakan dalam pokok pikiran (pokir) legislatif di DPRD Provinsi Kalsel.

“Yang pasti saya akan terus keliling, melihat kondisi dan menyerap aspirasi dari para warga di Dapil VI Kabupaten Tanbu dan Kotabaru. Kemarin di Kotabaru seberang sekarang di daratan biar serapan dari masukan masyarakat ini dapat berimbang,” papar Paman Yani yang membidangi Ekonomi dan Keuangan di DPRD Kalsel.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Maju, Supriyudin mengatakan, mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi untuk menyambut aspirasi dari sejumlah masyarakat yang hadir.

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangannya. Semoga silaturahmi ini dapat berjalan baik,” harapnya.

Dengan kedatangannya itu, ia mengharapkan, selain terjalin silaturahmi, keberadaan dari Yani Helmi dapat memberikan angin segar bagi pertumbuhan perekonomian mereka.

“Semoga aspirasi yang disampaikan dapat terealisasi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kunjungan yang dilakukan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi ke Desa Suka Maju merupakan kegiatan menjaring aspirasi (reses). Di mana, Desa Suka Maju, Kecamatan Sampanahan, Kecamatan Kotabaru (400 Kilometer lebih dari Kota Banjarmasin) merupakan titik pertama dalam pelaksanaan reses tahun 2022. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.