24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Laksanakan Kurban, Paman Yani Jaga Kearifan Lokal

1 min read

Suasana Pelaksanaan Ibadah Kurban Idul Adha 1443 Hijriah oleh Anggota DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi

Banjarmasin – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel ), Muhammad Yani Helmi berkurban empat ekor sapi yang disebar di sekitar kediamannya serta daerah pemilihannya yaitu Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah pada Idul Adha tahun ini, kami melaksanakan ibadah kurban di beberapa tempat. Hari ini (11/7), kita berkurban dua ekor sapi di kawasan Sungai Jingah Banjarmasin. Nanti besok (12/7), kita akan berangkat ke Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru dan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, masing-masing satu ekor sapi kurban,” katanya kepada wartawan, Senin (11/7).

Sebelum penyembelihan, wakil rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini melakukan prosesi akad dan serah terima alat sembelih yang diserahkan dirinya kepada penyembelih hewan kurban. Dalam prosesi penyembelihan, Paman Yani juga menyiram air kembang di sekujur tubuh sapi dengan tujuan agar sapi tenang saat disembelih.

“Kita siapkan juga ‘piduduk’ berupa beras, kelapa muda dan gula merah yang merupakan tradisi khas Banjar,” jelasnya.

Paman Yani menambahkan momentum Idul Adha mengajarkan untuk senantiasa ikhlas berbagi kepada sesama manusia dan diharapkan membawa keberkahan bagi umat.

Untuk diketahui, pada hari pertama Idul Adha, keluarga besar Paman Yani juga menyembelih dua ekor sapi dari sang kakak, Paman Birin. Daging kurban sendiri dibagikan kepada 250 warga sekitar Sungai Jingah dengan berat masing masing setengah kilogram. (NRH/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.