15 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Wujudkan SDM Profesional, Dispar Kalsel Gelar Pelatihan Pokdarwis

2 min read

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dispar Kalsel, Mugeni, saat memberikan sambutan

TANAH LAUT – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan berupaya mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, dengan cara terus menerus memberikan pelatihan, pendampingan, dan pembinaan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 13 kabupaten dan kota. Seperti yang dilakukan pada Kamis (7/7) di kabupaten Tanah Laut.

Foto bersama Dinas Pariwisata Kalsel, bersama narasumber dalam kegiatan pelatihan, pendampingan, dan pembinaan, bagi Pokdarwis

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin yang diwakili Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Mugeni, dalam sambutannya menyampaikan, dalam pelatihan ini pihaknya menjelaskan tentang program untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia, karena sebagai pelaku pariwisata harus semakin meningkatkan percepatan pembangunan kepariwisataan di Kalsel.

“Kegiatan ini sebelumnya digelar di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Barito Kuala, dan ke Kabupaten Tanah Laut,” ucapnya

Disampaikan Mugeni, kehadiran Kelompok Sadar Wisata, sangat penting untuk kemajuan pariwisata di Kalsel, karena merupakan ujung tombak sekaligus perpanjangan tangan pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata di Banua.

“Kami membina warga yang tergabung dalam Pokdarwis, agar mampu menyusun program pemanduan wisata yang sesuai dengan dinamika dan potensi yang ada,” ungkapnya

Lebih lanjut Mugeni menambahkan, pihaknya juga ingin memberikan pemahaman, terkait pentingnya etika dan sikap dalam peningkatan kualitas untuk memberikan pelayanan yang profesional.

Pelatihan ini dapat memperluas khazanah pengetahuan pengelola Pokdarwis, terutama di Kabupaten Tanah Laut dalam rangka meningkatkan aktivitas pengembangan, khususnya ekowisata agar menjadi aktivitas wisata yang digemari seluruh lapisan masyarakat.

“Sapta Pesona harus benar-benar diterapkan oleh Pokdarwis di tempat wisata yang mereka kelola, kalau pengunjung sudah aman, nyaman untuk berwisata, mereka tidak jera untuk berkunjung kembali dan tentu ini berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan, serta kemajuan ekonomi,” tutup Mugeni.

Untuk diketahui, dalam kegiatan pelatihan, pendampingan, dan pembinaan bagi Kelompok Sadar Wisata ini, Dinas Pariwisata Kalsel, menghadirkan narasumber berkompeten seperti Sekretaris Dispar Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Syahmadi, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, Musrefinah Lediya, Ketua DPD ASPPI Kalsel, Mutia Amana Nastiti, dan DPD Himpunan Peramuwisata Indonesia, Nurul Hidayah. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.