20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Sebelum Akhiri Masa Pemeliharaan, Balai Prasarana Permukiman Segera Tunaikan Perbaikan

2 min read

Kondisi pedestrian Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar

BANJARBARU – Menyusul kerusakan fasilitas yang dialami, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel segera menunaikan tanggungjawabnya untuk memperbaiki pedestrian di kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar.

Sempat heboh dan viral oleh salah seorang yang juga mantan anggota legislatif Kalsel Anang Rosadi di media sosial, kontroversi ini pun ternyata juga ditanggapi serius Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Banjar Ikhwansyah.

Menanggapi itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Kawasan Permukiman Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel Noor Dewi Sari menyampaikan soal proyek yang diakui hingga saat ini masih dalam tahap pemeliharaan dan bakal dihibahkan kepada Pemkab Banjar apabila pembangunan revitalisasinya mampu berjalan lancar sesuai perencanaan bersama.

PPK Balai Prasarana Permukiman, Noor Dewi Sari saat dikonfirmasi awak media, Rabu (6/8), terkait rusaknya fasilitas di pedestrian Sekumpul Martapura, Banjar.

“Sudah sesuai spesifikasi di perencanaan. Bahannya memang itu,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (8/6) siang.

Disamping itu, penyebab pecahnya beberapa paving block di sekitar pedistarian Sekumpul Martapura, sebut Dewi, diduga akibat truk bermuatan berat yang sering melindas fasilitas ini meski pun sudah pernah mendapat teguran keras.

“Lokasi yang rusak itu hanya dibeberapa titik dan itu tidak semuanya misal rumah sakit, retail modern dan kantor. Selain itu, sesuai perencanaan memang tidak memakai semen tetapi menggunakan abu batu,” jelas dia.

Dia juga mengungkapkan tactile block yang dikhususkan sebagai jalur penuntun untuk penyandang disabilitas diakui memang dipasang menggunakan perekat alias lem.

“Ditempel disejumlah pedesterian (trotoar),” beber Noor Dewi Sari.

Tetapi terlepas itu, pihaknya berkomitmen akan memperbaiki semua kerusakan yang ada di trotoar Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar sebelum masa pemeliharaan proyek berakhir.

“Kami terus mengawal proyek ini karena masih menjadi tanggungjawab kontraktor,” jelasnya.

Secara garis besar, ditegaskannya, proyek yang dikerjakan dibawah Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR RI tersebut sudah sesuai dengan perencanaan.

“Kami berkomitmen akan memperbaiki seluruh kerusakan trotoar tersebut sebelum dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Banjar,” sambungnya.

Terpisah, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdkab Banjar Ikhwansyah meminta kontraktor yang memegang proyek ini menanggung segala kerusakan tersebut sebelum nantinya penyerahan aset dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar.

Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Banjar Ikhwansyah

“Jika proyek ini sesuai spek, baru dipertimbangkan untuk penghibahan,”

Terlebih, ungkap Ikhwan, untuk memastikan proyek berjalan baik pihaknya akan menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan di lapangan.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat dan pengunjung sekumpul untuk menjaga jalur pejalan kaki tersebut,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.