28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Laksanakan PKA Angkatan ke 4 Tahun 2022

2 min read

Suasana upacara pembukaan KPA Angkatan ke IV tahun 2022

BANJARBARU – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel, melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA) angkatan ke 4 tahun 2022.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Sulkan, dalam sambutannya pada upacara pembukaan PKA angkatan ke 4 di Aula Kampus II BPSDMD Kalsel, pada Rabu (18/5) pagi, berharap, melalui kegiatan ini seluruh peserta mampu meningkatkan kinerja, dalam memberikan pelayan kepada masyarakat.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Sulkan, secara simbolis mengalungkan tanda pengenal kepada peserta KPA

Menurutnya, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah unsur terpenting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan. Untuk itu, ASN dituntut untuk memiliki kompetensi, sikap dan perilaku yang profesional dan bertanggung jawab.

“Disamping meningkatkan integritas, kita juga harus terus mengasah kemampuan dan kompetensi kepemimpinan,” ucapnya.

Diakuinya, sebagai salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam meningkatkan kualitas SDM, maka ASN yang memegang amanah jabatan administrator diwajibkan memenuhi persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai karir dan jabatan.

“Hal ini yang mendasari pelaksanaan PKA ini,” ungkapnya.

Melalui Sulkan, Gubernur akrab di sapa Paman Birin ini juga berpesan kepada seluruh peserta KPA, agar dapat mengikuti pelatihan secara seksama dan penuh rasa tanggung jawab.

“Kepemimpinan itu tidak lahir secara instan, namun dilatih dan dibentuk melalui sikap dan pola perilaku dalam menjalankan tugas dan pekerjaan sehari-hari,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMD Kalsel, Mujiyat berharap setelah mendapatkan pelatihan, 40 orang peserta dari pejabat eselon 3 di lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten/kota ini bisa menerapkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan di lingkungan kerja mereka masing-masing.

“Semoga setelah mengikuti pelatihan, mereka dapat bertindak seprofesional mungkin selaku eselon 3, dan menjadi generasi yang tangguh,” harapnya.

Untuk diketahui, PKA angkatan ke 4 tahun ini, dilaksanakan selama 91 hari. Terhitung mulai tanggal 18 Mei hingga 22 Agustus mendatang. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.